nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Ancaman Penyakit Jika Anda Tidur Kurang dari 8 Jam Setiap Malam

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 16 Maret 2018 19:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 16 481 1873928 5-ancaman-penyakit-jika-anda-tidur-kurang-dari-8-jam-setiap-malam-O9m20m94hZ.jpg Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)

JANGAN diteruskan jika Anda punya kebiasaan kurang tidur di malam hari. Ada dampak buruk yang melanda, tapi selalu tidak disadari.

Seseorang dengan aktivitas padat tentu memilih tidak tidur karena harus menyelesaikan tugas-tugasnya. Padahal hal itu tidak disarankan, karena banyak ancaman penyakit.

Normalnya saat istirahat malam, total waktu tidur yang disarankan yakni antara 7-8 jam. Tapi sayang, orang zaman sekarang cenderung tidak memenuhi saran itu.

Paling lama, orang tidur sekira 6 jam dan bangun kesiangan. Hal ini dampaknya bisa merusak metabolisme, yang akhirnya bikin sistem kekebalan tubuh lemah.

Sementara itu, alasan utama orang kurang tidur yakni menderita insomnia. Gangguan tersebut padahal bisa diterapi. Namun sebaiknya, hilangkan kebiasaan buruk itu.

Baca Juga: Hari Tidur Sedunia, Para Ahli Ungkap Alasan Seseorang Sulit Dapatkan Tidur Berkualitas

Tidur nyenyak sangat penting agar metabolisme tubuh berfungsi dengan baik. Kalau kurang tidur, pasti bisa menguras kemampuan mental Anda, serta dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Sebagai Peringatan Hari Tidur Sedunia 2018, Anda harus lima dampak buruknya. Berikut ulasannya, dilansir Zeenews, Jumat (16/3/2018).

Bikin Anda gemuk

Kurang tidur bisa membuat Anda mengonsumsi lebih banyak kalori tengah malam. Perut akan terasa lapar karena metabolisme terganggu. Pasti risikonya bikin tubuh Anda cepat gemuk dan menurunkan rasa percaya diri.

Suasana hati terganggu

Bangun pagi sejatinya penting dihadapi siapa saja. Tapi kalau orang kurang tidur, bisa sebabkan gangguan mood. Selain itu, Anda jadi bangun terlalu siang dan mudah cemas saat beraktivitas. Itu karena dipicu hormon yang tidak stabil dan bangun dengan kondisi tubuh tidak bugar.

Baca Juga: Cerita Pilu Najwa Shihab 4 Bulan di RS Demi Anak Keduanya yang Hanya Bertahan Hidup 4 Jam

Gangguan kekebalan tubuh

Kurang tidur mempengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda. Studi menunjukkan, orang yang tidak cukup tidur lebih cenderung sering sakit setelah terpapar virus. Jangan sampai kurang tidur membuat aktivitas harian Anda terganggu karena sakit.

Risiko serangan jantung

Orang yang kurang tidur memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan stroke. Karena manfaat tidur memainkan peran vital yang membangun metabolisme dan sistem pembuluh darah yang baik. Masyarakat modern buktinya banyak yang mengalami penyakit jantung karena kurang tidur.

Diabetes

Studi menunjukkan, orang yang biasanya tidur kurang dari lima jam semalam, memiliki peningkatan risiko mengembangkan diabetes. Jangan sampai hal ini terjadi, karena bisa memicu kadar gula darah Anda jadi terganggu. Pastikan Anda tidur cukup setiap hari, terutama di malam hari.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini