nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Rangkaian Proses Pembusukan Tubuh Manusia Setelah Wafat

Annisa Aprilia, Jurnalis · Sabtu 17 Maret 2018 20:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 17 481 1874251 ini-rangkaian-proses-pembusukan-tubuh-manusia-setelah-wafat-uTutlFQEtE.jpg Ilustrasi meninggal (Foto: Ist)

KEMATIAN menjadi salah satu takdir manusia yang tidak bisa diketahui kapan datangnya. Namun, setiap makhluk yang bernyawa pasti akan menemui ajalnya, di saat waktu yang telah Allah tentukan.

Allah telah memberi kesempatan untuk hidup pada setiap makhluknya dalam kurun waktu yang berbeda-beda, seperti yang tertulis dalam al-quran surat Yunus ayat 56, yang artinya, "Dialah yang memberi hidup dan menyebabkan kematian, dan kepada-Nya kamu (semua) akan kembali." Setelah nyawa dicabut dan kehidupan di dunia berakhir, manusia akan menemui kematiannya, lalu dikubur dalam liang lahat dengan mengenakan kain kafan, dan hanya membawa bekal amal ibadahnya saja.

Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya, bagaimana tubuh manusia setelah wafat? Hancur sudah pasti, tapi untuk tiba pada tahap menyatu kembali jadi tanah ada proses yang dilewati.

Melansir dari laman About Islam, Sabtu (17/3/2018), setelah wafat, fungsi otak akan berhenti, suhu tubuh menurun, sel-sel tubuh mati karena kekurangan oksigen hingga kemudian mulai membusuk. Lalu, proses selanjutnya dalam hitungan 36 jam kulit mengering, kuku seperti tumbuh, gravitasi membuat darah turun hingga mambuat jenazah pucat, otot-otot rileks menyebabkan keluarnya urin dan feses.

Lebih lanjut, setelah hitungan hari, tubuh berubah warna menjadi kehijauan karena enzim dalam organ tubuh mulai merusak atau membusukan dirinya sendiri biasanya dengan bantuan bakteri. Akhirnya, tubuh jenazah akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

 BACA JUGA:

Penjelasan Ilmiah Tidur 'Ditindih Setan' yang Bikin Panik

Dalam hitungan minggu selanjutnya, tubuh jenazah mulai dimakan belatung dan serangga dekomposer lainnya. Bahkan, tubuh manusia bisa hancur sekira 60 persen hanya dalam waktu seminggu.

Di pekan-pekan selanjutnya tubuh kembali berubah warna jadi ungu kehitaman, di sisi lain bakteri tetap menghancurkan tubuh. Kemudian, rambut-rambut mulai rontok. Pada beberapa bulan kemudian, suhu tubuh tiba pada 10 derajat celcius, dan butuh waktu sekira empat bulan untuk membuat jaringan membusuk sampai hanya kerangka dan tengkorak Anda saja yang tersisa.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini