nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Melakukan Pencegahan Dini untuk Mengatasi Penyakit dan Kelainan Ginjal

Tiara Amalina, Jurnalis · Minggu 18 Maret 2018 22:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 18 481 1874527 melakukan-pencegahan-dini-untuk-mengatasi-penyakit-dan-kelainan-ginjal-7htvB2XG4I.jpeg Kesehatan Ginjal (Foto: TheElvoice)

GINJAL merupakan salah satu organ yang sangat berperan penting untuk mengatur keseimbangan cairan tubuh dan juga bertugas untuk membuang produk sisa. Pada anak, ketika memiliki kelainan pada ginjal, biasanya akan ditandai dengan lambatnya pertumbuhan tulang, pucat, cepat lelah, kelainan pada kencing dan badan yang membengkak.

Pada Minggu (18/3/2018), dr. Cahyani Gita Ambarsari, SpA(K) mengungkapkan bahwa, sebenarnya melakukan pencegahan terhadap penyakit ginjal sejak dini sangatlah penting.

“Jadi ada yang namanya KPCDI (Komunitas Pasien Cuci Darah Indonesia). Mereka terdiri dari pasien yang pernah menjalani cuci darah serta cangkok ginjal. Dan mereka sangat menyadari bahwa deteksi dan pencegahan dini terhadap penyakit ginjal sangatlah penting. Jadi, KPCDI sudah mulai melakukan pendekatan dan edukasi dini tentang penyakit tersebut kepada anak usia sekolah,” ujarnya saat diwawancarai di kawasan Jakarta Barat.

Ia juga menjelaskan, mengapa upaya pencegahan baru dilakukan pada saat anak masuk usia sekolah. Hal tersebut karena, pada saat itulah kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak baik dimulai. Seperti makan makanan cepat saji, instan, dan mengonsumsi minuman bersoda, berwarna, dan mengandung banyak gula. Itu akan menyebabkan obesitas, dan anehnya kebanyakan ibu-ibu menganggap itu sesuatu yang menyenangkan, karena si anak terlihat sehat dan gemuk. Tapi sebenarnya itu tidak benar, si ibu harusnya waspada, karena itu akan memicu kolesterol tinggi dan juga tekanan darah tinggi.

Hal tersebut pastinya juga akan berdampak buruk pada ginjal bukan? Untuk mencegah terjadinya penyakit ginjal pada anak, ada beberapa kebiasaan yang perlu dilakukan, yaitu:

-Pola makan sehat, dengan cara mengurangi asupan kolesterol dan garam untuk menjaga tekanan darah, dan memperbanyak konsumsi sayuran dan buah segar.

- Perbanyak minum air putih, karena itu baik untuk ginjal

- Tingkatkan aktivitas fisik

- Hindari rokok (baik pemakaian secara langsung ataupun menghirup asapnya)

- Hindari pemakaian obat-obatan tanpa resep dokter

- Kontrol kesehatan berkala

Jadi, pencegahan penyakit ginjal sejak dini sangatlah penting, agar nantinya jika penyakit tersebut memang terdeteksi, dapat dilakukan penanganan awal. Sehingga si anak tidak terlalu merasa sakit dan menderita, karena penyakit tersebut.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini