nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Trik Seputar Memasak yang Wajib Anda Tahu, Mengupas Bawang Praktis Salah Satunya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 19 Maret 2018 15:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 19 298 1874759 7-trik-seputar-memasak-yang-wajib-anda-tahu-mengupas-bawang-praktis-salah-satunya-Stfmim1eDv.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

MEMASAK merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan dan dapat melatih kreativitas Anda. Tapi jangan salah, kegiatan ini bisa sangat merepotkan jika Anda tidak tahu tips dan triknya. Apalagi dalam dalam dunia kuliner terdapat banyak sekali jenis masakan yang bisa Anda olah mulai dari sup, tumisan, gorengan, dan masih banyak lagi.

Nah, bagi Anda para pemula yang ingin membuat hidangan lezat dan disukai oleh keluarga dan teman kantor, berikut Okezone rangkumkan 7 tips dan trik seputar memasak yang wajib Anda ketahui. Sebagaimana dilansir dari Metro, Senin (19/3/2018).

1. Untuk mengupas bawang putih secara praktis dan cepat, Anda bisa menggunakan sebuah mangkuk logam lalu masukkan beberapa butir bawang, kemudian kocok hingga kulitnya mengelupas. Agar seluruh permukaan kulitnya terpisah dari bagian daging bawang, Anda bisa menggunakan pisau untuk membantu mengendurkannya.

 (Baca Juga: Lintasan Tangga Terunik di Dunia, Mulai di Atas Laut hingga Membelah Parit)

2. Salah satu cara terbaik untuk menghindari terkenanya efek perih saat memotong bawang merah, adalah dengan membekukan bahan makanan tersebut di dalam freezer selama 20 menit. Setelah itu, Anda bisa memotongnya seperti biasa tanpa khawatir terpapar kandungan senyawanya yang bisa bikin menangis.

3. Saat memecahkan telur, seringkali bagian kulitnya tercampur ke dalam cairan atau adonan makanan yang sudah Anda siapkan. Untuk mengambil potongan kulit tersebut, Anda bisa membahasi jari dengan air lalu ambil potongan kulit itu secara perlahan, atau gunakan sedikit cangkang telur sebagai sendok.

  (Baca Juga: Ternyata Bentuk Hidung Gambarkan Kepribadian Seseorang, Kamu Termasuk yang Mana?)

4. Bila Anda membutuhkan mentega bertekstur lembut tapi lupa mengeluarkannya dari lemari es, Anda bisa memarut permukaannya. Bagian mentega yang telah diparut ini akan mempercepat proses pelembutan sehingga Anda tidak perlu menunggu selama berjam-jam.

5. Jangan membuang bumbu rempah atau tanaman herbal yang bersisa karena Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat hidangan yang lezat. Caranya, masukkan bahan makanan tersebut ke dalam minyak atau air, lalu bekukan. Anda bisa menggunakan bahan makanan ini untuk membuat saus atau sup di lain waktu.

  (Baca Juga: Butuh Susu, Monyet Ini Pelorotin Baju Turis Cantik Sampai Payudaranya Nongol!)

6. Anda bisa menggunakan alat pemotong telur untuk memotong bahan makanan bertekstur lembut lainnya. Mulai dari stroberi, jamur, dan masih banyak lagi.

7. Salah satu cara untuk mempercepat proses pencairan daging yang telah dimasukkan ke dalam freezer adalah dengan merendamnya di dalam mangkuk berisi air hangat. Cara ini dapat memotong waktu pencairan hingga setengah dari waktu normal.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini