nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Catat! Ini Waktu & Kota Selain Pontianak yang Alami Hari Tanpa Bayangan

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 20 Maret 2018 02:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 19 406 1874917 catat-ini-waktu-kota-selain-pontianak-yang-alami-hari-tanpa-bayangan-JPu7xbI3Io.jpg Hari Tanpa Bayangan 2018 (Foto:Netralnews)

TAHUKAH Anda setiap tanggal 21 Maret, Indonesia akan mengalami satu hari tanpa bayangan? Jika belum, maka tepat sekali Anda yang membaca informasi ini. Pasalnya, 21 Maret 2018 di Indonesia tepatnya Kota Pontianak, Kalimantan Barat, akan terjadi sebuah fenomena cukup langka, yaitu Hari Tanpa Bayangan (HTB).

Pontianak menjadi kota teristimewa dengan adanya peristiwa alam ini, karena dilalui oleh garis khatulistiwa. Hari Tanpa Bayangan adalah saat matahari akan berada tepat di atas garis khatulistiwa, pada siang hari matahari akan berada tepat berada di atas kepala (titik zenith), mengutip dari laman Netral English, Selasa (20/3/2018).

 BACA JUGA:

Wali Kota Liverpool Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan

Lebih lanjut, masih dari sumber yang sama, pernyataan NNC dari Lapan pada Kamis lalu, saat Hari Tanpa Bayangan terjadi monumen atau Tugu Khatulistiwa yang berdiri tegak nampak hampir tidak memiliki bayangan. Tentu ini akan menjadi hari yang istimewa, karena biasanya manusia dan semua benda akan memiliki bayangan jika terkena sinar, nah saat HTB lusa nanti orang-orang di Pontianak akan merasakan pengalaman tidak memiliki bayangan.

Masyarakat yang berada di luar Kota Pontianak tidak perlu sedih dan berkecil hati karena tidak bisa merasakan hidup sesaat tanpa bayangan. Pasalnya, di kota-kota lainnya pun ternyata tetap bisa merasakan HTB. Adapun kota-kota tersebut, di antaranya yaitu Bonjol, Bontang, Riau, Parigi Moutong, Kepulauan Kayoa, Amberi, dan Gabe, akan mengalami HTB di hari yang sama dengan Pontianak.

BACA JUGA:

Hutan Lindung Boven Lais, Surga Pecinta Bunga Langka

Kota tempat Anda tinggal belum juga masuk dalam daftar di atas? Eits, jangan bersedih hati lagi! Sebab, Hari Tanpa Bayangan juga bisa dirasakan oleh beberapa kota saat bagian bumi yang terpampang kota tersebut melintasi matahari. Denpasar misalnya, masyarakat bisa merasakan HTB pada 26 Februari 2018 dan 16 Oktober 2018, Jakarta pada 5 Maret 2018 dan 9 Oktober 2018, Belitung akan turut merasakan HTB pada 1 Oktober 2018, dan masyarakat Sabang akan merasakan satu hari tanpa bayangan pada 5 April 2018 dan 8 September 2018.

Sementara itu, Hari Tanpa Bayangan (Day Without Shadow) di Pontianak akan terjadi lagi pada 23 Septermber 2018 mendatang. Jadi, bersiap-siaplah, abadikan, dan bagikan ke media sosial, agar kebahagiaan turut tersebar.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini