Makan Ayam Sambil Minum Susu Berdampak Buruk pada Kesehatan, Benarkah?

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 20 Maret 2018 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 19 481 1875032 makan-ayam-sambil-minum-susu-berdampak-buruk-pada-kesehatan-benarkah-5UZ1cEVcqk.jpg Minum Susu dan makan ayam (Foto: Bodybuilding)

SETIAP orang tentu memiliki makanan dan minuman favoritnya masing-masing. Bahkan sejumlah orang ada yang memilih untuk menggabungkan keduanya ketika mengisi perut. Padahal, ada makanan dan minuman yang tidak bisa disantap bersamaan.

Dalam prinsip Ayurveda makanan dan minuman yang membutuhkan lingkungan pencernaan berbeda perlu dikonsumsi secara terpisah. Hal itu dilakukan guna menghindari masalah kesehatan yang berpengaruh terhadap kesejahteraan seseorang.

Melansir Boldsky, Selasa (20/3/2018), makanan dan minuman yang sebaiknya dikonsumsi terpisah adalah susu dan ayam. Alasannya karena proses pencernaan susu yang kaya akan nutrisi, mineral, dan protein berbeda dengan ayam yang mengandung protein tinggi.

Susu membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna karena mengandung kasein dan proses pencernaannya terjadi di dalam duodenum. Pada beberapa orang, ayam lebih berat untuk dicerna dan melepaskan asam lambung. Bila susu dan ayam dikonsumsi secara bersamaan maka proses pencernaan bisa menjadi terhambat. Bahkan keduanya dapat menyebabkan racun yang berkembang dan terakumulasi di dalam tubuh.

(Baca Juga: Tidur saat Lampu Menyala Dapat Menyebabkan Obesitas dan Risiko Kanker Payudara)

Ayam dan susu yang dikonsumsi secara bersamaan dalam jangka panjang akan menimbulkan masalah pada usus. Efek yang ditimbulkan antara lain sakit perut, mual, gangguan pencernaan, gas, kembung, bisul, bau tak sedap, konstipasi, acid reflux, dan masih banyak lagi. Ada pula yang mengatakan jika pencampuran keduanya dapat menimbulkan masalah pigmentasi kulit yaitu bintik-bintik putih pada kulit.

Meskipun efek tersebut belum terbukti secara ilmiah, ada baiknya Anda berhati-hati dan memberikan jeda jika ingin mengonsumsi keduanya paling tidak 1-2 jam. Terutama bagi orang-orang yang memiliki pencernaan sensitif.

Sementara itu, untuk mempermudah pencernaan ayam, Anda bisa mengonsumsinya bersamaan dengan jus lemon. Tetapi jangan meminumnya sebelum atau sesudah meminum susu. Di sisi lain, beberapa orang mungkin senang memasak ayam yang telah direndam susu selama berjam-jam. Hal itu tidak menimbulkan masalah kesehatan dan malah menambah cita rasa masakan. Namun sekali lagi, pastikan Anda tidak memiliki masalah pada pencernaan.

Jangan lupa untuk selalu menerapkan pola makan seimbang dan hindari mengonsumsi makanan yang dikombinasi terlalu sering. Usahakan untuk selalu memiliki gaya hidup sehat demi kesehatan usus atau alat pencernaan lainnya. Sebab kesehatan saluran pencernaan berperan besar bagi sistem kekebalan tubuh.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini