nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Heboh Kasus Makanan Kedaluarsa, 2 Anak Zaskia Adya Mecca Pernah Keracunan

Vessy Frizona, Jurnalis · Selasa 20 Maret 2018 16:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 20 196 1875443 heboh-kasus-makanan-kedaluarsa-2-anak-zaskia-adya-mecca-pernah-keracunan-M5LxMH4iap.jpg Keracunan akibat makanan kedaluarsa (Foto:Thedailymail)

 

KASUS penggerebekan gudang makanan kedaluarsa di kawasan Tambora, Jakarta Barat, Senin (19/3/2018), cukup menghebohkan dan membuat masyarakat panik. Sebab, mereka takut makanan-makanan kadaluarsa itu diperbarui tanggalnya, lalu diedarkan kembali.

Ya, mengkonsumsi makanan kedaluarsa jelas sangat berbahaya bagi kesehatan. Dikutip dari Livestrong, Selasa (20/3/2018), mengkonsumsi makanan kedaluarsa dapat mengakibatkan keracuanan. Dalam kasus yang sangat parah, konsumen bisa kehilangan nyawa.

 BACA JUGA:

Pertolongan Pertama untuk Korban yang Keracunan Makanan Kedaluwarsa

Membahas soal makanan kedaluarsa, sebagai konsumen Anda memang harus teliti membeli makanan dan obat-obatan kemasan. Sebelum membeli periksa tanggal kedaluarsa dan perhatikan fisik kemasan. Jangan sampai Anda membeli makanan yang kemasannya sudah rusak dan tanggal kedaluarsanya sudah diubah. Selain itu penting juga jeli terhadap makanan yang akan dikonsumsi. Lebih peka dengan aroma makanan ketika dibuka, apakah ada bau yang aneh atau tidak. Perhatikan pula fisik makanan, apakah masih aman atau sudah berubah.

Jangan sampai kelalaian memuat Anda atau orang lain menjadi korban keracunan akibat mengkonsumsi makanan kadaluarsa. Seperti yang terjadi dengan dua anak Zaskia Adya Mecca pada Agustus 2016. Ketika itu kedua putrinya, Kala dan Sybil keracunan vitamin yang sudah kedaluarsa.

Lewat akun Instagram pribadinya, Zaskia meneceritakan kronologinya,

“Drama hari ini ... Ditelef dari skolah @kalamadali dia muntah 3x dalam waktu 20menit, langsung dijemput. Sampe rumah muntah enggak berenti total muntah 10x dalam waktu 2 jam. Langsung bawa ke RS, kasih obat, minum, dan langsung muntah lagi. Jadi harus dari infusan. Alhamdulillah stop muntah,” tulis Zaskia.

BACA JUGA:

Dari Gorengan hingga Kopi, Makanan yang Harus Dihindari Setelah Keracunan Makanan

“Tetapi mba-nya yang lagi jemput @kana.sybilla langsug samper ke RS ngabarin kalo sybil juga muntah-muntah di skolah disertai demam. Ini pasti ada yang salah dari rumah, kok bisa barengan. Leukosit Kala juga tinggi menandakan ada bakteri. Pas dicari-cari akhirnya ketemu!” sambungnya.

“Tadi pagi anak-anak minum vitamin hisap dan sudah expired tahun 2015, lemes! Padahal baru beberes tempat obat 3 hari lalu masih ada yang missed. Tapi enggak mau lama-lama ngerasa nyesel karena enggak ada gunanya. Langsung jadi tau cara menangani Sybil karena sudah dapat trouble maker-nya (langsung kasih air kelapa ijo dan susu) buat menetralisir racun, kasih madu juga obat anti mual nya,” beber ibu yang sedang hamil anak keempat ini.

“Pelajaran penting hari ini! Emang kadang suka kita abai padahal cuma perlu beberapa detik buat liat masa expired sebelum kita konsumsi apapun, tapi efeknya kalo sampai kecolongan kaya saya tadi, ngerasa bersalah juga panik, sedih semuanya Semoga bermanfaat drama saya hari ini buat semua,” papar Zaskia.

(ndr)

Berita Terkait

Makanan Kedaluwarsa

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini