Lakukan 8 Hal Ini Agar Tidak Pusing Setelah Tidur Siang

Imeida Ulfa Ariyanti, Jurnalis · Selasa 20 Maret 2018 12:04 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 20 481 1875258 lakukan-8-hal-ini-agar-tidak-pusing-setelah-tidur-siang-OuSsvnbytd.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

TIDUR siang merupakan aktivitas yang dapat membuat tubuh bertenaga dan rileks. Kebanyakan orang melakukan karena kurangnya waktu tidur pada malam hari.

Tidur siang memiliki manfaat seperti meningkatkan kreativitas dan kewaspadaan, mengurangi kelelahan, meningkatkan ingatan dan suasana hati. Namun tidak semua orang yang dapat merasakan manfaat tersebut. Sebagian lagi malah merasa pusing hingga sakit kepala usai tidur siang.

Hal ini mungkin disebabkan oleh lamanya durasi dan pola tidur yang tidak teratur. Maka dari itu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi masalah tersebut seperti dilansir dari Boldsky, Selasa (20/3/2018):

1. Tidur yang cukup

Sakit kepala dari tidur siang disebabkan karena tidak seimbangnya hormon serotonin di otak. Selain itu juga akan mengganggu siklus dan membuat Anda sulit tidur nantinya. Untuk menghindarinya, tidurlah 8 jam setiap malam.

2. Jahe

Jahe merupakan bahan alami yang ampuh untuk meredakan sakit kepala setelah tidur siang. Jahe membantu menghilangkan peradangan pembuluh darah di kepala. Dengan mengonsumsi jus atau teh jahe dapat meredakan sakit kepala.

3. Kurangi konsumsi kafein dan tidur siang

Agar terhindar dari sakit kepala cobalah untuk menghindari konsumsi kafein, karena kandungan kafein akan membuat Anda sulit tidur pada malam hari. Selain itu kurangi juga tidur siang yang terlalu lama karena hal tersebut akan mengganggu siklus tidur Anda.

4. Minum banyak air

Jika tubuh mengalami dehidrasi, sakit kepala dengan mudah menyerang Anda, apalagi jika setelah bangun dari tidur. Kopi, alkohol, dan sebagainya merupakan faktor yang menyebabkan dehidrasi. Jadi minumlah air putih secukupnya untuk menghindari masalah tersebut.

5. Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga yang bagus untuk meringankan sakit kepala akibat tidur siang. Selain itu juga dapat membuat tubuh Anda rileks dan tenang. Jika terbangun dari tidur siang dan Anda merasakan pusing bahkan sakit kepala, cobalah lakukan pose-pose yoga untuk menguranginya.

6. Daun mint

Kandungan mentol pada daun mint membantu mengurangi sakit kepala secara cepat dan alami. Minumlah segelas teh atau ekstrak daun mint untuk meredakan sakit kepala karena tidur siang.

7. Minyak lavender

Minyak lavender memiliki aroma yang menenangkan dan dapat membantu mengurangi sakit kepala. Semprotkan minyak tersebut pada bantal sebelum tidur, agar Anda mendapatkan tidur yang nyenyak.

8. Tidur siang secukupnya

Waktu ideal untuk tidur siang adalah 10 sampai 20 menit. Hal ini bermanfaat dalam meningkatkan energi, dan kewaspadaan. Namun jika tidur lebih dari waktu tersebut dapat menyebabkan pusing hingga sakit kepala ketika bangun tidur. Jadi jangan tidur secara berlebihan.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini