nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awas! Keinginan Bunuh Diri Bisa Memperkuat Faktor Penyebab Mati Konyol

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 20 Maret 2018 15:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 20 481 1875381 awas-keinginan-bunuh-diri-bisa-memperkuat-faktor-penyebab-mati-konyol-YGoFbZDjFa.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

WAJAR ketika Anda merasakan stres. Perasaan negatif ini menjadi bagian dari perasaan dasar manusia yang tidak mungkin tidak pernah dialami. Menjadi parah ketika Anda tidak bisa mengontrol kondisi tersebut.

Mereka yang sulit untuk menjaga kesadaran dan kestabilan jiwa tentunya akan cukup bisa terpengaruh oleh kondisi stres ini. Efeknya adalah kondisi depresi dan kalau sudah begini, masalah yang bisa muncul adalah keinginan untuk bunuh diri.

Tahukah Anda jika keinginan untuk bunuh diri saja bisa menyebabkan seseorang ingin bunuh diri di kemudian hari? Menurut Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa dr. Nova Riyanti Yusuf, SpKJ, keinginan untuk bunuh diri merupakan salah satu faktor penyebab seseorang bunuh diri.

 (Baca Juga: Baru Menikah 6 Hari, Suami Bantu Istrinya Menikahi Mantan Pacar, Ini Alasannya yang Bikin Haru)

Jadi, sekalipun Anda menganggap niatan itu bercanda, kemungkinan untuk melakukan bunuh diri pun cukup besar. Namun, yang menjadi faktor terbesar dari seseorang bunuh diri adalah kegagalan bunuh diri pertama kali.

"Jadi, ketika Anda pernah mencoba bunuh diri sebelumnya dan itu gagal, maka kemungkinan kejadian serupa bisa terjadi," papar dr. Nova saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (20/3/2018).

Hal ini bisa terjadi karena mereka yang sudah pernah gagal bunuh diri akan lebih mematangkan niatannya itu dan merealisasikannya dengan sebaik mungkin. Persiapan yang matang biasanya akan dia lakukan untuk melancarkan upaya mengakhiri hidup secara konyol.

  (Baca Juga: Dulu Tampil Terbuka, Sekarang 5 Artis Ini Mantap Bercadar)

"Malah, di beberapa kasus, persiapan matang ini melibatkan kapan waktu bunuh diri itu akan dilakukan, juga di mana lokasinya dan bagaimana caranya," ungkap dr. Nova.

Dengan mengetahui faktor penyebab seseorang bunuh diri, diharapkan banyak orang yang kemudian sadar akan tanda yang telah diperlihatkan si calon bunuh diri. Ini biasanya disebut dengan "warning sign".

  (Baca Juga: Demi Tampil Awet Muda, Perempuan Cantik Ini Bugil dan Mandi di Air Super Dingin!)

Ketika seseorang sudah mulai menunjukkan perubahan dalam dirinya, seperti yang paling mudah adalah ketika Anda tahu bahwa teman Anda sedang banyak masalah dan dia sekarang lebih banyak berdiam diri di kamar, maka jangan sampai Anda lepas perhatian.

"Kalau sudah begini, wajib bagi Anda untuk lebih sensitif dengan si calon bunuh diri dan sebisa mungkin untuk bisa menyelesaikan masalah dia tanpa harus merasa menjadi beban," tambahnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini