nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ajak Anak Main ke Taman Membuatnya Tak Malu Bersosialisasi dengan Orang Lain

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 21 Maret 2018 20:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 21 196 1876093 ajak-anak-main-ke-taman-membuatnya-tak-malu-bersosialisasi-dengan-orang-lain-zIuSDospkk.jpg Ilustrasi taman (Foto: Cre8Play)

ANAK-anak yang tinggal di perkotaan sulit sekali menemukan ruang terbuka hijau untuk bermain. Padahal mereka membutuhkan tempat seperti itu untuk mengasah kreativitasnya dan bersosialisasi.

Tak heran jika mereka memilih bermain gadget karena dianggap lebih asyik. Sampai akhirnya, mereka tidak mau pergi keluar rumah untuk mengeksplorasi lingkungan.

 BACA JUGA:

Presiden Jokowi Lakukan Salam Tempel Hidung, Ini Keunikan Lain dari Suku di Selandia Baru

Sebenarnya, di luar ruangan, anak-anak bisa banyak mengasah kreativitasnya dan belajar bersosialisasi. Anak-anak harus paham dengan kondisi lingkungan dan dekat dengan alam.

Dengan kondisi perkotaan yang sibuk, anak-anak tidak mendapatkan ruang aktivitas bermain di luar ruangan yang luas. Mereka tidak nyaman bermain dan bahkan ada anak-anak yang menolak.

Melihat kondisi itu, Direktur Pengembangan Bisnis Kimia Farma Pujianto ingin membuka ruang terbuka hijau. Generasi milenial, khususnya anak-anak yang berada di kota besar harus kenal dengan alam, tanpa ada hambatan.

"Anak-anak harus punya kegiatan aktif di luar ruangan. Kenalkan mereka dengan taman yang hijau, supaya proses tumbuh kembangnya tidak terganggu," ujarnya lewat informasi yang diterima Okezone, Rabu (21/3/2018).

Dia mencontohkan, ada satu taman yang ramah anak di sekitaran Jakarta Selatan, tepatnya Taman Langsang. Di sana anak-anak bisa bermain dan belajar mengenal lingkungan dengan mudah.

Banyak permainan yang pasti disukai oleh anak-anak. Daripada memberikan anaknya gadget, tak ada salahnya orangtua mengajak buah hati bermain, minimal satu minggu sekali.

Selain itu, di setiap taman pasti tersedia permainan yang menyenangkan untuk anak-anak. Kalau sudah bermain, pasti mereka betah dan ketagihan. Mereka dibimbing untuk memecahkan masalah, melatih keterampilan, meningkatkan kesehatan dan bersosialisasi saat bermain di taman dengan pohon rindang.

"Jangan takut anaknya berkeringat dan gatal saat bermain. Semua bisa diatasi dengan baik dan biasakan mereka eksplorasi ruang terbuka hijau," imbuhnya.

 BACA JUGA:

4 Jenis Mood yang Dialami Penderita Gangguan Bipolar

Sejak dini, anak-anak tidak boleh takut bermain di taman dan harus terbiasa. Kalau tidak, mereka akan sulit untuk mengenali lingkungan dan malu bersosialisasi.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini