nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kesalahan Menggosok Gigi Membawa Dampak Buruk Seumur Hidup

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 21 Maret 2018 12:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 21 481 1875834 kesalahan-menggosok-gigi-membawa-dampak-buruk-seumur-hidup-QN85oXaHQL.jpg Sikat Gigi (Foto: Huffingtonpost)

Gosok gigi satu kebiasaan yang tidak boleh dilewatkan seseorang. Karena bahayanya tak hanya mengganggu kesehatan rongga mulut, tapi juga mengarah pada penyakit kronis.

Setiap orang dianjurkan gosok gigi minimal dua kali sehari, tepatnya di pagi hari dan malam. Namun, masih banyak kesalahan yang dilakukan seseorang saat melakukannya.

Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesian (PBPDGI) Dr drg Hananto Suseno SpBM, MM mengatakan, gosok gigi wajib dilakukan tidak hanya mencegah sakit di bagian mulut, terutama gusi. Kebiasaan ini bisa mencegah penyakit kronis, seperti diabetes, jantung, hingga gagal ginjal.

"Sikat gigi minimal dua kali, pas pagi bangun tidur setelah makan dan sebelum tidur malam. Tapi banyak orang yang melakukan kesalahan, terutama di waktunya," kata drg Hananto, saat ditemui di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Dia mengingatkan, agar setiap orang harus menjaga kesehatan gigi sejak kecil. Kalau tidak, dampak sakit gigi bisa terbawa sampai dewasa. Sebab, kesalahan merawat gigi sejak kecil bisa membuat orang mengeluh sakit gigi setiap saat.

Tak cuma itu, menurut drg Seno, menjaga kesehatan rongga mulut tidak hanya sekedar terbiasa gosok gigi. Anda juga harus menjaga gaya hidup sehat, agar kondisinya tidak mengurangi kualitas kesehatan rongga mulut.

Anda disarankan agar tidak terlalu banyak konsumsi makanan manis, tidak merokok, serta tidak konsumsi minuman beralkohol. Kalau kebiasaan ini sulit dihilangkan, seseorang mudah menderita periodontitis.

Periodontitis salah satu penyakit gigi yang banyak diidap oleh masyarakat Indonesia. Kondisinya bisa merusak jaringan penguat gigi.

"Periodontitis awalnya dari kuman yang berfermentasi di sekitar rongga mulut. Kalau dibiarkan, kuman akan senang dan berkembang biak terus," tambahnya.

Karenanya, Anda harus mencegah beragam masalah kesehatan rongga mulut yang mengganggu. Kalau tidak, penyakit yang menyerang gusi dan gigi membuat Anda tak nyaman dan merugikan.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini