Batik Favorit R.A. Kartini Menginspirasi Fashion Show Mahakarya Batik 2018 di Candi Borobudur

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 22 Maret 2018 14:44 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 22 194 1876483 batik-favorit-r-a-kartini-menginspirasi-fashion-show-mahakarya-batik-2018-di-candi-borobudur-nNTUfLqJ6j.jpg Peringatan World Heritage Day 2018 dengan mengusung batik nusantara (Foto:Ilustrasi/Okezone)

 

CANDI Borobudur dikenal sebagai mahakarya warisan dunia. Tapi bagaimana jadinya nanti kalau ada pertunjukan fesyen istimewa bertemakan batik?

Dalam Peringatan World Heritage Day 2018, yang jatuh pada 18 April 2018, para seniman dan desainer menciptakan pertunjukan fesyen, yang dipadukan dengan unsur seni dan budaya. Ada banyak karya wastra batik dari perancang busana lokal, yang bekerja sama untuk menghasilkan acara tersebut.

 BACA JUGA:

Putus dari Gigi Hadid, Zayn Malik Ubah Penampilan Jadi Serba Blonde dari Rambut hingga Jenggot

Direktur Umum Taman Wisata Candi Borobudur dan Ratu Boko Edy Setijono mengatakan, pertunjukan mahakarya apik ini selalu dihelat indah untuk pencinta karya wastra. Tapi ada pertunjukan yang jelas berbeda akan ditampilkan. Seperti perhelatan sebelumnya, acara akan dilaksanakan di Taman Lumbini yang berada di dalam kompleks Candi Borobudur.

"Borobudur itu mahakarya satu masterpiece peninggalan luar biasa dari pendahulu di abad ke-7 dan ke-8. Karenanya, kami senantiasa menampilkan satu kegiatan yang terinspirasi oleh warisan budaya, tepatnya mempertunjukkan kain batik," ujarnya saat ditemui di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Kamis 21 Maret 2017.

Promotor Indonesia Berkain Ayu Diah Pasha membeberkan konsep acara yang menargetkan 800 ribu penonton. Inspirasi dari acara ini, didapat dari kisah Kartini yang mencintai batik semasa hidupnya.

Banyak sekali contoh kain batik favorit pahlawan dari Jepara yang akan ditampilkan. Begitu juga ada pertunjukan seni yang terdiri dari wayang, karya sastra puisi, tarian, hingga alat musik tradisional sebagai pengiring acara.

"Ibu Kartini menyukai banyak jenis batik, kami sangat menghargai, serta mengangkat fesyen dan seni sebagai warisan darinya," ucap Ayu, pada kesempatan sama.

 

(Pinterest)

Banyak desainer yang digandeng untuk memeriahkan acara tersebut. Salah satunya Tuty Adib, perancang busana pribadi keluarga Presiden Joko Widodo.

Dalam panggung pertunjukan yang megah itu, Tuty akan menampilkan karya batik dengan nuansa sentuhan busana muslim. Desainer asal Solo itu juga menggunakan batik sebagai kain dasar pembuatan busana khasnya.

 BACA JUGA:

Sering Dihina Monster, Wanita Ini Wujudkan Impian Jadi Model Tanpa Tangan Kiri

"Saya tampilkan busana muslim karakter Indonesia pada pertunjukan mahakarya ini. Inspirasi didapat dari kekayaan seni dan fesyen," beber Tuty.

Kain batik, menurut Tuty, tidaklah membosankan dari masa ke masa. Kalangan manapun bisa menggunakan batik, sebagai identitas bangsa.

Batik bisa digunakan tak hanya pada acara formal, tetapi juga pada kehidupan sehari-hari. Ada banyak motif yang bakal ditunjukkan oleh desainer legendaris itu.

"Batik itu tidak cuma klasik, tapi bisa diubah masa kini. Dengan motif sederhana dan dramatik, kain ini bisa dipakai sehari-hari atau acara formal," pungkasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini