nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ciptakan Masa Kecil Bahagia Ajak Anak Main Engklek hingga Gubak Sudur, Simak Panduannya

Vessy Frizona, Jurnalis · Kamis 22 Maret 2018 17:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 22 196 1876556 ciptakan-masa-kecil-bahagia-ajak-anak-main-engklek-hingga-gubak-sudur-simak-panduannya-MRQGc9nrKY.jpg Gobak sodor mainan tradisional anak (Foto:Antara)

ANAK-ANAK zaman sekarang sepertinya hanya punya satu mainan. Ya, bila gadget sudah dalam genggaman itulah kebahagiaan mereka.

Padahal menurut Kak Seto, bermain yang benar adalah bermain yang melibatkan gerakan anggota badan, fisik bergerak, terjadi interaksi, kerja sama, anak-anak berekspresi riang gembira, dan otak bekerja menyusun strategi serta mencari solusi.

"Mainan tradisional sangat bagus untuk anak-anak. Mereka sehat, emosi terlampiaskan, dan otak bekerja. Itulah kebahagiaan yang sejati bagi anak-anak," ungkap Kak Seto saat ditemui Okezone belum lama ini di Jakarta.

BACA JUGA:

8 Tips Asyik Bepergian dengan Pasangan, Pilih Perjalanan yang Ringan

Membahas soal mainan anak sudah saatnya anak-anak diajak bermain mainan tradisional. Nah, sebelum memulai, inilah panduan bermain mainan tradisional dikutip dari buku berjudul 'Main Mainan Kita', terbitan Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI).

Main Engklek

Aturan :

Terdiri dari 2-5 orang. Siapkan kapur, lalu gambar 9 kotak di jalan. Beri nomor 1-9. Lalu siapkan batu tipis untuk gacuk.

 

Cara mainnya :

Berdiri di garis start. Dari situ lempar gacuk ke kotak 1. Lompati semua kotak dengan satu kaki saja, lalu balik lagi ke kotak garis start. Tapi kamu tidak boleh menginjak kotak yang ada gacuknya ya. Kamu harus lompat bolak-balik sampai gacukmu di kotak 9.

Kotak 9, gacukmu cuma bisa diambil sambil jongkok dan tutup mata. Sambil pegang gacuk, lompatlah balik ke garis start. Lalu hadap belakang dan lemparlah gacuk ke belakang. Kotak di mana gacukmu jatuh, jadi kotakmu. Pemain lain tidak boleh injak selama permainan. Terakhir, waktu main jangan sampai kaki atau gacukmu kena garis ya, gantian temanmu yang main.

Manfaat :

Mengajarkan taat aturan dan saling menghargai.

Lompat karet

Aturan :

Ajak teman-teman, setidaknya 8 orang, lalu bagi menjadi dua kelompok. Sediakakan karet yang sudah dijalin.

Cara bermainnya :

Main karet itu terdiri dari 9 tingkat, yaitu lutut, paha, pinggang, dada, telinga, kepala, jengkal kepala, dan terakhir merdeka (tangan lurus ke atas). Lalu, dua orang tim jaga memegang karet. Tim main dengan melompat dari sisi satu ke sisi lain. Kamudian, tim main dapat 1 poin kalau semua pemain bisa melewati semua tingkat. Terakhir kalau salah satu tim gagal lompat, maka tim bermain gantian jadi tim jaga.

Manfaat :

Mengajarkan dewasa dan menyehatkan fisik.

Tak benteng

Aturan :

Ajak teman-teman bermain, sedikitnya 8 orang, lalu bagi menjadi dua tim. Main di lapangan luas, lalu setiap tim pilih satu tiang, pohon, atau tembok, jangan tiang listrik ya.

Caranya :

Pegang benteng lawan untuk menang. Sentuh badan tim lawan untuk menahannya di bentengmu. Pegang benteng sendiri supaya kamu punya kekuatan. Yang baru pegang benteng, jadi yang paling kuat. Yang paling kuat bisa kejar dan tangkap lawan. Lawan yang ditangkap, baris berjejer di benteng lawan. Supaya bebas temannya harus menyentuh.

Manfaat :

Berpikir membuat taktik dan menciptakan solidarisme serta persahabatan.

BACA JUGA:

8 Tips Asyik Bepergian dengan Pasangan, Pilih Perjalanan yang Ringan

Gubak sudur

Aturan :

Buat dua tim yang terdiri dari 6-10 orang. Pilih dulu siapa tim jaga dan tim serang. Mainnya di lapangan luas, bikin garis-garis kotak.

Caranya :

Tim serang harus lolos dari sentuhan tim jaga sampai ke seberang. Anggota tim jaga mencegat tim serang hanya di garis. Kalau tim serang ada yang tersentuh tim jaga, tim serang gantian jadi tim jaga ya. Kalau dari tim serang ada yang berhasil lolos bolak-balik melewati tim jaga, tim serang dapat poin dan permainan diulang dari awal.

Manfaat :

Anak-anak aktif, fisik bergerak, mengajarkan anak menciptakan kekompakkan tim.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini