Chef Profesional Ungkap Tips Membuat Sambal yang Lezat dan Menggugah Selera

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 22 Maret 2018 11:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 22 298 1876339 chef-profesional-ungkap-tips-membuat-sambal-yang-lezat-dan-menggugah-selera-SSaUhO1kRr.jpg Ilustrasi (Foto: Resepkoki)

MEMBUAT sambal sekilas memang terlihat praktis dan mudah. Yang perlu Anda lakukan cukup haluskan bahan-bahan dasar menggunakan cobek dan ulekan, lalu campurkan bersama bumbu pelengkap. Sambal pun siap disajikan.

Teknik ini sebetulnya sudah umum digunakan oleh masyarakat Indonesia. Namun sayangnya, masih banyak kesalahan-kesalahan sederhana yang sering dilakukan hingga mempengaruhi cita rasa sambal.

Untuk mengetahui seperti apa tips dan trik membuat sambal cabai yang lezat, Okezone berhasil mewawancarai salah satu chef profesional dari restoran ternama ibu kota.

Menurut Rachmad Hidayat, Sous Chef KAUM Jakarta, salah satu kunci utama untuk membuat olahan sambal yang lezat sebetulnya terletak pada proses pengulekkanya.

"Bahan dasar yang harus dihaluskan terlebih dahulu adalah cabai. Cabai harus diulek terlebih dahulu karena sifatnya yang licin. Jadi ketika bahan-bahan lain dimasukkan, tekstur cabai yang segar masih terasa," tutur Rachmad saat ditemui Okezone, beberapa waktu lalu.

Rachmad mengatakan, jika ingin meracik sambal dengan cita rasa pedas yang 'kuat', penggunaan cabai rawit bisa menjadi alternatif terbaik. Kendati demikian, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum mencampurkan cabai rawit dengan bahan dasar lainnya.

"Kalau pakai cabai rawit, sebaiknya biji yang terdapat pada cabai merah dibuang, kita ambil rasa pedasnya hanya dari cabai rawit. Sayangnya, masih banyak orang yang lupa membuang biji cabai merah jadi ketika dicampurkan dengan cabai rawit, rasanya akan berbenturan," imbuhnya.

Saat ditanya kapan waktu yang tepat untuk menambahkan bumbu pelengkap seperti garam dan gula, Rachmad menuturkan bahwa bumbu tersebut dapat ditaburkan saat halusan cabai siap digoreng atau disangrai.

"Bumbu sebaiknya dicampurkan saat sambal mau disangrai. Selain itu, sebelum menggoreng sambal, pastikan wajan sudah dalam keadaan panas namun tidak berasap. Lalu gorenglah sambal hingga aroma lanurnya menghilang," tukasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini