nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tidak Hanya dalam Sarden, Ini 5 Kasus Konsumen Temukan Cacing & Belatung dalam Makanan

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 22 Maret 2018 13:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 22 298 1876409 tidak-hanya-dalam-sarden-ini-5-kasus-konsumen-temukan-cacing-belatung-dalam-makanan-VuCBYfOfVU.jpg Temuan belatung dalam daging beef (Foto:Ist)

LAGI, kontaminasi terhadap makanan kembali terjadi. Masyarakat di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) sedang diresahkan dengan peredaran sarden mackarel dalam kemasan yang terdeteksi mengandung cacing pita yang dirazia oleh Badan Pengawasanan Obat dan Makanan (BPOM).

Sejatinya, sesuatu yang tidak layak seperti cacing ini memang tidak boleh sampai ada di dalam suatu makanan. Namun tahukah Anda, bahwa kasus penemuan hewan cacing atau bahkan belatung di dalam makanan juga kerap terjadi. Seperti apa kejadiannya? Dihimpun Okezone, Kamis (22/3/2018) dari berbagai sumber, berikut rangkuman ulasannya.

 BACA JUGA:

Makanan yang Dibeli Tidak Sama dengan Foto Iklannya, Pelanggan Murka di Media Sosial

1. Cacing dalam daging beef burger :

Ialah Anna Seth-Smith yang pada 2014 silam, diketahui menemukan hewan cacing hidup sedang menggeliat keluar dari dalam daging burger, yang niatnya ingin ia panggang untuk jadi hidangan makan anaknya. Anna menemukan cacing dalam daging beef burgernya tersebut, ketika sedang menyiapkan daging tersebut di dalam piring. Daging dengan temuan cacing ini sendiri diketahui dibeli Anna adalah daging merek Sainsbury.

 

2. Cacing dalam ikan kod :

Nasib sial serupa juga menimpa Emily Randolph di Maryland. Di mana, diberitakan Emily mengklaim bahwa ia menemukan cacing hidup di dalam paket 2 pound atau sekira 907 gram ikan kod yang dibeli di pusat perbelanjaan, Costco pada 9 Februari 2018. Awalnya, sebelum menemukan cacing dalam ikan kod nya, Emily sudah mulai mencium aroma tidak sedap dari paket ikan tersebut. Hingga akhirnya, Emily dan sang suami mengambil dan mengamati paket ikan kod tersebut, dan menemukan seekor cacing hidup berada di pojokan sudut bungkusan paket.

 

3. Belatung di hamburger :

Bukan lagi cacing, namun Yasmine Batur, seorang wanita di New South Wales, Australia. Yasmine mengklaim dirinya menemukan hewan belatung di dalam hamburger, alias menu Quarter Pounder yang ia beli dari restoran makanan cepat saji terkenal, McDonald's. Yasmine Batur bahkan sempat mengunggah video ke dalam laman akun Facebook pribadinya, di mana dalam video tersebut Yasmine memperlihatkan bagaimana beberapa belatung terlihat menggeliat di dalam daging patty hamburger tersebut.

 

4. Belatung di hamburger :

Bukan hanya Yasmine, Emmi McHugh seorang Ibu di Brisbane, Australia juga diberitakan mengalami kejadian menjijikan seputar penemuan hewan belatung di dalam menu makanan yang ia pesan di sebuah restoran cepat saji ternama, McDonald cabang Maryborough. Emmi kala itu membelikan sebuah burger keju yang terdapat pada menu 'Happy Meal' untuk dikonsumsi oleh putranya yang baru berusia tiga tahun.

Namun ternyata, Emmi menyebutkan ia menemukan di dalam daging burger ada banyak hewan belatung hidup berwarna putih kekuningan. Sebagai bukti, selain mengabadikan daging berbelatung tersebut, dengan foto dan video. Emmi disebutkan juga telah menyimpan daging tersebut dalam lemari pendingin, agar menjadi beku dan bisa dilihat sebagai barang bukti yang nyata.

BACA JUGA:

Chef Profesional Ungkap Tips Membuat Sambal yang Lezat dan Menggugah Selera

5. Belatung di burger 

Peristiwa yang juga belum lama terjadi di Jakarta. Video yang beredar di Youtube menjadi viral pada Februari lalu dimana dalam video suara seorang wanita tengah protes kepada pramusaji di sebuah gerai burger di pusat perbelanjaan di Jakarta Barat.

Dalam video juga diperlihatkan potongan burger bermerk Burger King itu di mana dagingnya penuh dengan belatung yang tengah menggeliat.

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini