nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tips Hemat Air untuk Memperingati Hari Air Sedunia yang Dirayakan Hari Ini

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 22 Maret 2018 08:49 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 22 406 1876287 5-tips-hemat-air-untuk-memperingati-hari-air-sedunia-yang-dirayakan-hari-ini-xZsbdtqlWv.jpg Peringatan Hari Air Sedunia (Foto: Zeenews)

TEPAT pada 22 Maret hari ini, seluruh dunia merayakan hari yang cukup penting bagi kelangsungan hidup manusia. Adalah Hari Air Sedunia atau dalam bahasa global disebut World Water Day.

Penetapan hari besar ini dilandaskan keputusan sidang PBB yang ditetapkan pada 22 Desember 1992 di Rio de Janeiro, Brazil dan pada 22 Maret 1993 perayaan World Water Day pertama kali digelar.

Sadar atau tidak, perayaan hari air sedunia ini setiap tahunnya memiliki tema yang berbeda. Penetapan tema ini juga melihat isu yang sedang ramai di bicarakan masyarakat dunia dan untuk tahun ini, tema yang diangkat adalah "Solusi Air Berbasis Alam".

Sebetulnya, adanya Hari Air Sedunia untuk mengingatkan manusia bahwa pentingnya air untuk kehidupan. Tidak hanya itu, peran air sendiri untuk makhluk hidup begitu besar dan di Hari Air Sedunia ini diharapkan manusia lebih bisa menghargai setiap tetes air yang ada di bumi.

Nah, sejalan dengan itu, menghargai air kemudian menjadi penting sekarang. Mengingat masih banyak orang di luar sana yang kesulitan mencari air bersih. Untuk menghargai ketersediaan air yang Anda rasakan, kenapa tidak melakukan pengiritan air untuk memperingati hari yang cukup penting ini.

Okezone coba memberikan 5 tips sederhana bagi Anda yang ingin menghemat air di rumah. Ingat, sekalipun penghematan ini hanya dilakukan sehari saja, namun dampak yang bisa dirasakan cukup penting bagi ketersediaan air di bumi ini, lho.

Dilansir dari Forbes, berikut 5 tips menghemat air

1. Mematikan keran air

Kebiasaan ini sering sekali terjadi, khususnya saat Anda mencuci tangan dan mencuci piring. Kebiasaan terus menyalakan keran saat Anda membasuhkan sabun ke tangan adalah tindakan membuang air cuma-cuma. Begitu juga saat Anda sedang mencuci piring. Yuk, mulai sekarang, jika Anda sedang mengusapkan sabun ke tangan atau piring, kerannya dimatikan, ya.

2. Gunakan kembali air

Ini juga merupakan tindakan sepele namun berarti cukup besar. Sadar atau tidak, saat Anda mencuci sayuran dan buah, biasanya air yang digunakan tidak sedikit. Nah, mulai sekarang, ada baiknya air bekas mencuci sayur dan buah tidak langsung Anda buang, tetapi digunakan untuk menyiram tanaman di kebun.

3. Mencuci pakaian sekaligus

Mulai dari sekarang, belajar untuk membiasakan diri mencuci pakaian langsung banyak. Kurangi mencuci pakaian jika masih menumpuk sedikit. Tips ini memang sangat subjektif, tetapi, dengan pemanfaatan air sekaligus, ini tentunya bisa menghemat air secara drastis. Usahakan juga untuk memaksimalkan air yang digunakan saat mencuci pakaian, ya.

4. Mandi Secukupnya

Ini kebiasaan kita bersama. Namun, percaya atau tidak, ada orang yang mandi lama dan mandi cepat. Nah, upaya untuk menghemat air saat mandi bisa dilakukan dengan tidak membilas shampo yang sedang digunakan dengan Anda bergegas menyabuni tubuh Anda. Pembilasan sekaligus ini juga cukup berarti dalam menghemat air saat mandi.

5. Tampung air hujan

Ini menjadi penting saat Anda membutuhkan air untuk menyiram tanaman di kemudian hari. Namun, ada hal penting yang mesti diperhatikan, yaitu jangan lupa menutup penampungan supaya tidak ada nyamuk yang berkembang di sana.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini