nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Siasat Jitu agar Tak Lupa Minum Air Putih 8 Gelas Sehari

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 22 Maret 2018 12:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 22 481 1876378 5-siasat-jitu-agar-tak-lupa-minum-air-putih-8-gelas-sehari-qG6RTLY4Da.jpg Ilustrasi (Foto: Homebt)

BIASANYA seseorang minum air di saat mulut menunjukkan sinyal haus. Sebaiknya jangan, karena dampaknya sebabkan tubuh Anda lemas.

Dalam sehari, Anda dianjurkan untuk minum air putih kurang lebih 8 gelas sehari. Tapi nampaknya, seseorang mudah lupa berapa banyak gelas air yang sudah dikonsumsi.

Maka itu, Anda harus menerapkan cara tersendiri agar tidak terlewat minum air. Ada tipsnya yang mudah dan harus tetap diingat.

Dilansir Self, Kamis (22/3/2018), ada lima tips yang membuat Anda tidak lupa minum air putih. Simak ulasannya lebih lanjut sebagai berikut.

Selalu minum air setelah buang air kecil

Setelah meninggalkan kamar kecil atau usai kencing, pastikan tubuh Anda terdehidrasi lagi. Karena saat itu, tubuh mulai kekurangan cairan. Segera tuang air ke dalam gelas atau minum dari botol kesayangan, supaya tubuh tidak kekurangan cairan sesuai kebutuhan.

Biasakan minum sebelum makan

Biasakan minum air putih lebih dulu sebelum makan. Karena air bisa mengekang jumlah kalori berlebihan yang diterima oleh tubuh Anda. Tapi jangan terlalu banyak minum supaya tidak cepat kekenyangan dan perut tetap nyaman makan.

Campurkan air putih dengan lemon

Kalau merasa bosan minum air putih seharian, Anda bisa memadukan dengan perasan lemon. Buah asam itu mengandung vitamin C yang juga baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Agar tambah enak dan nikmat, tuang gula cair secukupnya.

Pakai botol favorit Anda saat berpergian

Memilih botol favorit ternyata membuktikan seseorang menjadi rajin minum air putih setiap harinya. Agar ketahuan jumlah asupan airnya, Anda bisa memilih botol dengan label mililiter hingga liter. Dalam sehari, Anda butuh setidaknya dua liter air dari bangun tidur hingga menjelang tidur malam. Jadi, jangan sampai kekurangan cairan mengganggu aktivitas sehari-hari Anda ya!

Konsumsi makanan kaya air

Tidak hanya dari minum air putih, cairan bisa didapatkan dari makanan-makanan tertentu. Ada beberapa pilihan buah-buahan yang mengandung banyak air yang bisa membantu mencegah tubuh Anda kekurangan cairan. Mulai dari semangka, mentimun, zucchini, jeruk, hingga beberapa sayuran segar lainnya adalah makanan yang kaya air. Anda harus menyiasatinya dengan mengonsumsi banyak makanan tersebut.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini