nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Saat Bumil Mulai Depresi, Pilih & Lakukan 7 Meditasi Ini untuk Tenangkan Jiwa

Imeida Ulfa Ariyanti, Jurnalis · Kamis 22 Maret 2018 16:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 22 481 1876513 saat-bumil-mulai-depresi-pilih-lakukan-7-meditasi-ini-untuk-tenangkan-jiwa-fwULWF8nOy.jpg Pilihan meditasi yang aman untuk ibu hamil (Foto:Shutterstock)

KEBANYAKAN wanita ketika hamil tentu pernah merasa kelelahan, depresi, suasana hati mudah berubah bahkan stres. Namun untuk menguranginya Anda dapat melakukan meditasi. Ya meditasi adalah latihan yang berfokus pada suatu objek, kata ataupun gambar yang berfungsi untuk mengontrol dan menenangkan pikiran.

Latihan ini sangat bermanfaat seperti memberikan kebahagiaan pada bayi, mengurangi stress dan kecemasan, mengurangi nyeri saat persalinan dan sebagainya. Tetapi meditasi apa saja yang baik untuk ibu hamil? Berikut macam-macam meditasi yang baik dilakukan ketika kehamilan:

BACA JUGA:

Perjuangan 13 Tahun, Akhirnya Negara Ini Bebas Penyakit Cacing Guinea

1. Meditasi vipassana

Meditasi ini adalah melihat sesuatu sebagaimana mestinya. Ini membantu Anda untuk terjaga dan sadar dengan keadaan saat ini, serta fokuskan dalam hati sehingga Anda akan mencapai kesadaran yang tinggi tentang perasaan yang di dalam maupun di luar.

2. Meditasi suara atau mantra

Suara, kata dan frasa menjadi inti dari meditasi ini. Kata-kata yang diucapkan menciptakan getaran pada tubuh yang berfungsi untuk menyeimbangkan pusat energi tubuh. Ketika melakukan meditasi ini Anda dapat mengucapkan kata seperti “bernafaslah bayiku, ini adalah nafas ibu yang kuat”. Hal ini akan membantu Anda melalui kehamilan dan persalinan yang sulit.

 

3. Meditasi nafas dalam

Ini berfokus pada nafas dan mengikuti polanya. Caranya adalah berbaringlah dengan kaki selebar bahu, kemudian ambil nafas melalui hidung lalu tahan sebentar dan lepaskan kembali melalui hidung. Meditasi ini bermanfaat menghilangkan otot yang tegang, menurunkan denyut jantung dan membantu Anda untuk tidur.

4. Meditasi dengan sebuah objek

Untuk latihan yang satu ini Anda memerlukan objek visual. Hal ini dapat berupa bunga, daun, langit, kristal, pohon dan sebagainya. Fokuskan pikiran hanya pada objek, dan rasakan ketenangannya.

 

5. Meditasi berjalan kaki

Ini akan membantu menenangkan pikiran yang kacau dan gelisah. Pilihlah suatu tempat yang nyaman untuk berjalan dan berkonsentrasilah pada setiap langkah kaki Anda. Hal tersebut akan bermanfaat saat persalinan nanti.

6. Meditasi perut dalam

Letakkan tangan pada perut, usaplah dengan lembut dan rasakan sensasi hangat pada perut. Kemudian ambil nafas dan keluarkan secara perlahan. Fokuskan pikiran Anda dan rasakanlah ketenangannya.

 BACA JUGA:

Mom, Ini 5 Cara Agar Anak Terhindar dari Cacingan

 

7. Meditasi mata ketiga

Ruang yang ada diantara kening dan alis mata sering disebut “mata ketiga”. Terdapat kelenjar pineal yang mengatur pola bangun dan tidur kita dan ini sangat sensitif terhadap cahaya. Kelenjar ini juga menghasilkan serotonin yang dapat meningkatkan rasa senang dan tenang. maka dari itu Anda dapat melakukannya dengan menutup mata dan fokuskan pikiran. Hal tersebut akan membantu menenangkan otot disekitar kening.

Jadi meditasi selama kehamilan dapat di lakukan dengan cara yang mudah di rumah. Dengan begitu Anda akan mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan di masa kehamilan. Demikian dilansir dari Momjunction, Kamis (22/3/2018).

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini