nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ahli Nutrisi Ungkap Penyebab Sarden Kaleng Terkontaminasi Cacing

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 22 Maret 2018 16:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 22 481 1876533 ahli-nutrisi-ungkap-penyebab-sarden-kaleng-terkontaminasi-cacing-9w1cEyYF1U.jpg Ikan sarden (Foto: Newmanfoods)

MASYARAKAT baru saja dihebohkan dengan temuan sarden kaleng bercacing. Pasti sebagian bertanya-tanya apa penyebabnya.

Makanan kaleng tentu diproduksi oleh industri makanan yang besar. Kalau ada kesalahan, sudah terbukti produk makanan yang dibuat tidak dikontrol dengan baik.

Apalagi kalau satu perusahaan ingin menekan biaya produksi yang seharusnya tidak dilakukan. Maka tak heran kalau menghasilkan produk makanan yang salah, karena dibuat asal-asalan.

 BACA JUGA:

Begini Tingkah Kocak YouTuber Ria Ricis saat Liburan di Pulau Pari

Ahli Nutrisi Emilia Achmadi mengatakan, tak sedikit pabrikan makanan kaleng mengandalkan bahan baku mentah. Tapi karena mereka ingin untung, akhirnya menekan biaya produksi.

"Industri makanan yang menekan biaya biasanya tidak menyeleksi bahan baku. Misalnya dalam membuat sarden kaleng, mungkin memilih bahan baku mentahnya memakai jenis ikan yang tidak sehat di peternakannya," ujarnya saat ditemui di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (22/3/2018).

Karena sembarangan memilih ikan mentah, akhirnya produknya jadi cepat rusak atau basi. Jadilah ikan kalengan itu itu ditumbuhi cacing dan jenis parasit lainnya. Hal ini mungkin saja terjadi pada pabrik makanan kaleng berskala besar.

Selain memilih bahan baku sembarangan, penyebab lainnya yakni perusahaan tidak memikirkan higienitas dalam pengepakan makanan. Tak heran, setelah didistribusikan, produknya jadi 'disukai' cacing. Akibatnya, makanan kalengan itu jadi tidak layak dikonsumsi.

Dikatakan Emilia, seseorang harus cerdas memilih jenis makanan kaleng, meski buatan pabrik ternama. Kalau tidak teliti dalam membeli, pasti Anda bisa mengalami hal tidak enak, seperti menemukan parasit dalam produk yang seharusnya siap dimasak.

"Sebaiknya sih saya sarankan agar setiap orang jangan bergantung dengan makanan kaleng. Ada risikonya di luar dari kontaminasi cacing dan parasit," tambahnya.

 BACA JUGA:

Es Krim Ber-Topping Ulat hingga Jangkrik, Yakin Punya Nyali untuk Mencoba?

Jika Anda terpaksa mengonsumsinya karena tidak tahu kalau makanan tersebut terkontaminasi, ada efek sampingnya. Pencernaan jadi terganggu akibat 'keracunan' sarden kalengan. Terlebih, produk ikan itu bahan dasarnya mentah, sehingga cacing atau parasit lainnya mudah berkembang biak di usus.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini