nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Belajar Matematika Menyenangkan untuk Anak Usia 2 Tahun

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 23 Maret 2018 18:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 23 196 1877007 cara-belajar-matematika-menyenangkan-untuk-anak-usia-2-tahun-DecULwmZSC.jpg Matematika (Foto: Leapfrog)

SAAT menginjak usia dua tahun, tak ada salahnya dikenalkan dengan angka atau belajar matematika sederhana. Agar anak gampang mengingat, ada banyak cara menyenangkan supaya mereka tidak bosan.

Namun, sebagian orangtua dulu menganggap anak usia dini belum mampu mengenal angka matematika. Jangan salah, seiiring berkembangnya zaman, otak anak-anak harus diasah dengan lebih mudah dikenalkan hal apapun.

Misalnya, balita dua tahun boleh dikenalkan angka, sekaligus mengingatnya. Supaya tidak bosan, orangtua bisa mengenalkan lewat lagu atau gambar yang digemari anak.

 BACA JUGA:

Apresiasi Pasien Kanker dengan Berbagi Rambut dan Ikut Sadari

Saat mengajari anak untuk mengenal angka, ada metode khusus yang menyenangkan. Terlebih pada anak balita yang dasarnya menyukai metode audiovisual yang tak membosankan.

"Kalau kita lihat dari karakteristik anak pasti suka audio atau visual. Saat anak suka audio, pasti belajarnya dengan musik. Kalau yang suka visual, pancing anak dengan gambar angka," kata Guru Matematika Jefri Saputra di Sampoerna Academy, kawasan Pancoran, Jakarta, baru-baru ini.

Selain lewat musik, anak-anak juga akan mudah mengenal angka lewat bernyanyi. Berikan lagu-lagu ceria yang mudah diingat oleh anak.

Mendidik anak zaman sekarang, menurut Jefri, kondisinya sangat berbeda dengan zaman dulu. Kalau dulu, cara belajar matematika selalu dianggap membosankan, bahkan jadi hal 'menyeramkan'.

Saat mengajari mereka, orangtua tidak boleh memaksakan kehendaknya sendiri. Perhatikan dulu rasa ketertarikan anak-anak terhadap hal yang ia suka. Jangan pakai cara kuno yang membuat anak mudah trauma.

"Lewat bernyanyi, gambar atau dengan warna, salah satu metode termudah untuk mengenalkan angka kepada anak sejak usianya dua tahun," terangnya.

Maka, orangtua zaman sekarang tak ada salahnya mengenalkan pelajaran matematika sejak dini kepada si kecil. Kalau cara belajar menyenangkan, anak jadi mudah mengingatnya. Suatu ketika berikan tebak-tebakan untuk mereka untuk mengasah otaknya.

 BACA JUGA:

Aksi Pemuda Tampan Mengajak Perempuan Biasa Dansa Jadi Viral

Di samping itu, metode belajar sambil bermain sangat cocok diterapkan untuk mereka. Secara tidak langsung, anak jadi cepat tanggap dan peka terhadap lingkungan sekitarnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini