Bau Peapi yang Gurih dan Sedap, Hidangan Berkuah Khas Pasangkayu yang Wajib Dicoba!

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 23 Maret 2018 18:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 23 298 1877117 bau-peapi-yang-gurih-dan-sedap-hidangan-berkuah-khas-pasangkayu-yang-wajib-dicoba-tP0vaYCmVu.jpg Bau Peapi (Foto: Nusantararide)

INDONESIA memang dianugerahi tidak hanya pesona alamnya yang cantik nan memikat, namun juga dengan keanekaragaman budayanya.

Maka dari itu, setiap daerah di Indonesia hadir dengan pesona kulinernya masing-masing. Salah satunya wilayah Provinsi Sulawesi Barat.

 BACA JUGA:

Aksi Pemuda Tampan Mengajak Perempuan Biasa Dansa Jadi Viral

Sulawesi Barat hadir dengan tidak hanya kecantikan alamnya, sebut saja seperti Pantai Cinoki, Pantai Pasangkayu, hingga Air Terjung Kalungku Nangka. Pasangkayu juga menawarkan aneka kuliner khas.

Jika sebelumnya sudah pernah dibahas tentang jepa, loka sattai, hingga tetu. Pasangkayu yang tadinya memiliki nama Mamuju Utara ini juga punya hidangan kuliner bernama Bau Peapi.

Dihimpun Okezone, Jumat (23/3/2018) dari berbagai sumber, seperti halnya jepa hidangan Bau Peapi ini juga disebutkan sebagai salah satu masakan tradisional khas suku Mandar, salah satu suku besar di Sulawesi Barat.

Merujuk pada namanya yakni Bau Peapi, Bau memiliki arti makna ikan sementara itu Peapi artinya adalah dimasak, sehingga ini adalah hidangan ikan yang dimasak. Untuk pilihan jenis ikan sendiri, biasanya ikan yang digunakan bisa dari ikan tuna ataupun ikan cakalang.

Hidangan bau peapi ini sendiri hadir dengan tampilan visual hidangan berkuah berwarna kekuningan, di mana kuah bau peapi menghadirkan cita rasa asam, pedas, sekaligus gurih. Rasa asam pada hidangan bau peapi ini datang bukan dari bahan biasa, namun melainkan datang dari asam mangga dan belimbing.

Kemudian rasa gurih di kuah bau peapi muncul disebutkan lebih lanjut karena penggunaan minyak lokal yang diambil dari kelapa asli, sehingga tidak mengherankan jika akhirnya menjadikan kuah bau peapi menjadi gurih. Sedangkan cita rasa pedas yang ada, merupakan hasil kombinasi dari berbagai bumbu dapur mulai dari bawang merah, garam, cabe rawit, juga kunyit.

Tidak hanya dibuat dengan bahan-bahan yang khas, seperti mulai dari minyak kelapa hingga asam mangga dan belimbing. Proses pembuatan hidangan bau peapi ini sendiri juga hadir dengan teknik sangat tradisional, pasalnya bau peapi ini dimasak dengan menggunakan kawali dan kayu bakar. Dengan ini maka tidak heran, hidangan yang rasanya sayang dilewatkan jika berkesempatan mendatangi Pasangkayu ini hadir dengan rasa otentik khas masakan suku Mandar.

 BACA JUGA:

Sekali Hap! Cara Wanita Cantik Makan Permen Kapas Ini Dijamin Bikin Kaget

Disebutkan juga, menu hidangan ini ternyata sangat mudah ditemui di wilayah-wilayah suku Mandar di dekat pesisir, misalnya di Kabupaten Mamuju, Majene, dan Polewali Mandar. Selain itu, cukup banyak juga rumah makan yang menyajikan secara khusus menu ini untuk jadi menu santapan pilihan saat pengunjung menginginkan menu bau peapi. Sebagai pasangan, bau peapi biasanya disantap bersama dengan jepa, maka biasa disebut jepa-bau peapi.

(dno)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini