5 Film Ini Sukses Ramalkan Masa Depan, Sudah Anda Tonton Semuanya?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 25 Maret 2018 00:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 23 406 1877179 5-film-ini-sukses-ramalkan-masa-depan-sudah-anda-tonton-semuanya-aZJGlCd9b8.jpeg The Truman Show (Foto: Tasteofcinema)

PERCAYA atau tidak, apa yang belum terjadi sudah pernah tergambarkan momennya di sebuah film Hollywood. Seperti cenayang, para pembuat skrip dan peramu film secara keseluruhan menggambarkan kejadian masa depan dengan sangat detail dan benar terjadi.

Ini bukan hal yang kebetulan, pasalnya, bukan hanya satu film yang berhasil menjawab masa depan, tetapi Okezone coba menyajikan 5 film yang di dalamnya terkandung scene masa depan yang saat pembuatan filmnya, kejadian tersebut belum terjadi dan kini apa yang digambarkan film tersebut benar adanya. Penasaran 5 film tersebut?

The Truman Show

 

(Foto: Taste of Cinema)

Pada 1998, film The Truman Show yang diperankan Jim Carrey menggambarkan kondisi ketika seorang bintang reality show di televisi menjadi pujaan banyak orang. The Truman Show berhasil menggambarkan kondisi televisi saat ini ketika dunia hiburan secara luas dibanjiri oleh bintang reality show di televisi.

Salah satunya, Keeping Up with the Kardashian yang membuat Kim Kardashian dan keluarganya berada di puncak popularitas. Bahkan, sebagian masyarakat di masa kini terobsesi untuk menjadi bintang reality show.

Batman The Dark Knight Rises

 

(Foto: Cinemablend)

14 Desember 2012, sebuah peristiwa tragis terjadi di Sekolah Dasar Sandy Hook yang berada di Newtown, Connecticut, Amerika Serikat. Seorang remaja bernama Adam Lanza yang berusia 20 tahun melakukan penembakan brutal hingga menewaskan 20 pelajar SD dan enam pegawai sekolah. Sebelum melakukan penembakan tersebut, Adam menembak mati ibunya dulu. Kemudian, sang pelaku menuju Sandy Hook untuk membantai puluhan orang. Ia kemudian bunuh diri dengan menembak kepalanya.

Banyak yang menilai bahwa Adam Lanza terinspirasi oleh Film Batman The Dark Knight Rises yang dirilis enam bulan sebelum kejadian. Bisa saja disebut demikian, tapi di Film Batman The Dark Knight Rises sendiri ternyata ada pesan tersembunyi yang sangat jelas mengenai kejadian ini.

The Matrix dan Terminator 2

 

(Foto: Wow247)

Dua film ini dianggap cukup jelas menjelaskan bagimana akhirnya kasus teror WTC terjadi. Kejadian ini bahkan menjadi sejarah yang tidak bisa disembunyikan. 11 September 2001, gedung kembar World Trade Center runtuh setelah ditebak pesawat American Airlines nomor penerbangan 11 dan pesawat United Airlines dengan nomr penerbangan 175.

Serangan ini kemudian memicu deklarasi Amerika Serikat dalam perang melawan teroris. Sebab, banyak yang menjelaskan bahwa kejadian itu erat kaitannya dengan teroris yang dilakukan kelompok Al-Qeda yang sangat kontra akan Amerika Serikat.

Nah, dua film ini memberi tanda akan kejadian tersebut. Seperti The Matrix yang rilis pada 1999. Di Passport Neo tertulis jelas akan berakhir pada 11 September 2001. Pesan tersembunyi juga ada di film Terminator 2 di mana bagian atas bangunan underpass ada tulisan caution 9-11.

Game of Death

 

(Foto: World Film Geek)

Film ini merupakan film yang tidak terselesaikan karena sang bintang utama Bruce Lee wafat terlebih dulu. Film ini diproduksi pada 1972 namun baru dirilis pada 1978 dengan durasi cukup pendek, 39 menit.

Secara tidak sengaja, para sineas di film ini meramalkan kematian anak Bruce Lee, Brandon Lee. Karakter yang dimainkan Bruce Lee di film ini tewas dihantam peluru yang sudah jelas itu hanya bohongan. Nah, Brandon ternyata tewas karena ditembak di lokasi syuting film The Crow. Kejadiannya benar-benar tidak sengaja karena krew yang menembak tidak tahu kalau pistol itu tertanam peluru!

Network

 

Canggihnya teknologi sekarang, pernah didengungkan dalam sebuah film berjudul Network. Tema dalam film ini memang sarat dengan protes terhadap situasi politik dan ekonomi pada masanya.

Namun ketika membandingkannya dengan masa kini, skenario film yang penuh satir itu menyebutkan secara tersirat akan keberadaan reality show serta situs pengunggah video yang kala itu belum eksis sama sekali.

Salah satu karakternya, menyajikan acara berisi momen ketika para perampok merekam sendiri aksi kejahatan mereka. Di tahun 1970-an, hal seperti itu tidak biasa karena tak semua orang memiliki kamera video portable. Sekarang, semuanya bisa memiliki dan mengunggah aksi apapun di YouTube, hingga tindak kejahatan. (dno)

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini