nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Anggap Sepele, Cacingan Bisa Hambat Perkembangan Fisik & Kecerdasan Anak

Vessy Frizona, Jurnalis · Jum'at 23 Maret 2018 13:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 23 481 1876927 jangan-anggap-sepele-cacingan-bisa-hambat-perkembangan-fisik-kecerdasan-anak-jXTg5qO9ZM.jpg Cacingan bisa hambat perkembangan dan kecerdasan anak (Foto: Ist)

ANAK-ANAK sangat senang main di luar. Mereka bisa berlari, melompat, bergerak, berinteraksi dengan tumbuh-tumbuhan, hewan, dan teman sebaya. Namun, banyak orangtua cemas ketika anak main di luar. Mereka khawatir anak terinfeksi cacingan.

Oleh karena itu, saat ini jarang sekali terlihat anak-anak main di luar. Mereka lebih sering main di dalam rumah, meski itu hanya bermain gadget. Sebab, beberapa orangtua menganggap cara itu aman, daripada membiarkan anak main diluar yang mengakibatkan mereka kelelahan secara fisik dan kotor karena banyak kuman yang berisiko membuat anak menjadi sakit atau terinfeksi cacingan.

Ya, cacingan memang sangat berbahaya bagi tubuh anak. Sakri Sabatmaja, SKM, M.Si., Kepala Sub Dit. Advokasi & Kemitraan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan mengatakan, infeksi cacingan merupakan salah satu dari masalah kesehatan utama di Indonesia. Hal ini terjadi karena rendahnya kesadaran masyarakat akan penyakit ini dan gejala yang tidak terdeteksi bahkan cenderung terabaikan.

 BACA JUGA:

Wanita Ini Buktikan Air Putih Bisa Melangsingkan Tubuh, Simak Triknya!

Berdasarkan data World Health Organization tahun 2015 nenunjukkan lebih dari 270 anak pra-sekolah dan 600 juta anak usia sekolah tinggal di lingkungan dengan sanitasi yang buruk. Dimana cacing dapat berkembang biak dengan sangat cepat.

Lebih lanjut Sakri menyampaikan dampak bahaya yang ditimbulkan jika anak-anak terinfeksi cacingan. Infeksi cacingan dapat memengaruhi perkembangan fisik dan kecerdasan anak. Cacingan juga dapat menurunkan metabolisme tubuh.

"Cacingan pada tahap pertama akan memengaruhi asupan (intake), pencernaan (digestive), penyerapan (absorsi), dan metabolisme makanan. Secara kumulatif terlebih apabila terjadi dalam jangka waktu yang relatif lama, cacingan dapat menimbulkan kerugian terhadap kebutuhan zat gizi karena kurangnya kalori dan protein, serta kehilangan darah. Selain itu parahnya, dapat menghambat perkembangan fisik dan kecerdasan serta produktivitas kerja, cacingan juga dapat menurunkan ketahanan tubuh sehingga penderita mudah terkena penyakit lainnya. Hasil dari survei Bank Dunia pada 2016, bahkan menunjukkan bahwa Indonesia mengalami kerugian ekonomi sebesar Rp30-33 miliar per-tahun akibat penyakit cacing," ujar Sakri saat ditemui Okezone dalam acara Combantrine di Jakarta.

Sakri menjelaskan lebih jauh tentang penurunan kecerdasan yang dialami anak akibat infeksi cacingan. Dalam hal ini anak bisa terhambat daya ingat, konsentrasi, menurunkan kemampuan berpikir dalam memahami suatu hal, termasuk pelajaran di sekolah. Kendati demikian, Sakri tidak setuju bila demi menghindari cacingan, ruang gerak anak jadi dibatasi.

"Dalam beberapa kasus, banyak orangtua berpikir bahwa infeksi cacingan disebabkan oleh tempat yang tidak higenis, sehingga mereka membatasi ruang bermain anak-anak," ucapnya.

 BACA JUGA:

Kapan Berat Badan Turun Setelah Memulai Diet?

Maka dari itu ia mengimbau kepada orangtua untuk tidak membatasi ruang anak bermain. Biarkan anak berkembang secara optimal dengan memberi perlindungan kesehatan agar terhindar dari infeksi cacingan, yaitu dengan mengonsumsi obat cacing.

"Kami ingin para orangtua memberi kebebasan pada ruang bermain anak dan berinteraksi sosial agar anak tumbuh dan berkembang maksimal. Cacingan pada dasarnya dapat diatasi dan yang terpenting adalah anak harus tetap tumbuh secara fisik dan mental, salah satunya dengan aktif bermain di luar bersama keluarga, kerabat, maupun teman-teman sebaya mereka," tukasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini