Deretan Tokoh Dunia Penderita TBC, Amitabh Bachchan hingga Kahlil Gibran

Widya Marchellin, Jurnalis · Sabtu 24 Maret 2018 15:49 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 24 481 1877402 deretan-tokoh-dunia-penderita-tbc-amitabh-bachchan-hingga-kahlil-gibran-E2FsYSdPP7.jpg Ilustrasi (Foto: Foodndtv)

TANGGAL 24 Maret setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Tuberkulosis Dunia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kesehatan, sosial dan ekonomi yang dihancurkan oleh TBC.

Tuberkulosis merupakan penyakit pembunuh paling menular di seluruh dunia. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tahun lalu 10,4 juta orang menderita TBC dan pada tahun 2016 tercatat 1,8 juta kematian terkait TBC.

Tahun ini, peringatan Hari TBC bertemakan, “Menuju Dunia Bebas TB”. Tema tersebut berfokus pada membangun komitmen untuk mengakhiri tuberkulosis di semua tingkatan mulai dari petugas kesehatan, dokter atau perawat, Lembaga Swadaya Masyarakat dan para pendukung.

Melansir Boldsky, Sabtu (24/3/2018) TBC dapat menyerang siapa saja termasuk orang terkenal dunia. Berikut beberapa orang ternama dunia yang terkena TBC:

Amitabh Bachchan

Legenda Bollywood Amitabh Bachchan didiagnosis dengan tuberkulosis pada tahun 2000. Dia mengungkapkan itu adalah TB tulang belakang. Tetapi setelah menjalani perawatan, ia dinyatakan bebas dari penyakit mematikan. Sang superstar sekarang menjadi duta untuk “Ajakan Bertindak untuk India yang bebas TB”.

Muhammad Ali Jinnah

Muhammad Ali Jinnah adalah pendiri Pakistan, yang menderita tuberkulosis. Dia tidak menjalani perawatan apapun karena menurutnya itu akan mempengaruhi karir politiknya dan akhirnya dia menyerah pada penyakit ini.

(Baca Juga: Menggemaskan, Kucing-Kucing Penghuni Masjid)