nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Siti Nurhaliza 3 Selebriti Ini Namai Buah Hatinya Bernuansa Islami, Artinya Bikin Adem

Vessy Frizona, Jurnalis · Senin 26 Maret 2018 18:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 26 196 1878169 selain-siti-nurhaliza-3-selebriti-ini-namai-buah-hatinya-bernuansa-islami-artinya-bikin-adem-6R9247z7mU.jpg Nama anak bernuansa Islami (Foto:Gogopixlibrary)

 

NAMA adalah doa. Itulah mengapa orangatua tidak boleh memberi nama anak asal-asalan. Dengan memberikan nama anak yang baik , Insha Allah anak akan menjadi baik sesuai artinya.

Seperti anjuran Rasulullah SAW soal memilih nama yang baik. Terdapat pada Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Darda’, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya kamu sekalian akan dipanggil pada hari kiyamat dengan namamu dan nama ayahmu, maka baguskanlah nama kalian”. (HR. Abu Dawud : 287).

Membahas soal nama, kelahiran anak selebriti selalu menarik bagi publik. Nama yang disematkan pun selalu membuat banyak orang penasaran tentang apa arti nama tersebut. Baru-baru ini penyanyi asal Malaysia, Siti Nurhaliza baru saja melahirkan bayi pertamanya pada 18 Maret 2018 yang diberi nama Siti Aafiyah Binti Khalid. Lewat cuplikan video Siti Nurhaliza berbagi kepada netizen arti nama putri kecilnya yang berbau Islam.

 BACA JUGA:

Resmi Berhijab, Intip Gaya Caca Frederica saat Berbusana Muslim

Siti bukan satu-satunya selebriti yang memberi nama anak bernuansa Islam, Okezone telah merangkum 5 nama anak selebriti yang sangat Islami, berikut nama-nama berserta artinya.

Aafiyah Binti Khalid (Siti Nurhaliza)

 

Dari akun Facebook ulama setempat, akun Facebook Datuk Dr. Zulkifli Mohamad al-Bakri tentang keistimewaan nama Afiah.

“Perihal Nama Aafiyah (عافية)

Pengertian ‘afiah dalam Islam luas cakupannya luas baik di dunia, mahupun di akhirat. Secara umumnya, ‘afiah adalah perlindungan Allah SWT bagi hamba-Nya daripada pelbagai penyakit dan bencana yang telah berlalu, mahupun akan datang, di dunia dan akhirat. Maka, orang yang mendapatkan kurnia ‘afiah, maka dia telah mendapat kebaikan yang sempurna.

Terdapat satu doa yang disarankan oleh Nabi SAW sebagaimana yang dinukilkan oleh al-Imam al-Nawawi dalam kitabnya al-Azkar.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ ، فِي دِينِي ، وَدُنْيَايَ ، وَأَهْلِي ، وَمَالِي ، اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِي ، وَآمِنْ رَوْعَاتِي ، اللَّهُمَّ احْفَظْنِي مِنْ بَيْنَ يَدَيَّ ، وَمِنْ خَلْفِي ، وَعَنْ يَمِينِي ، وَعَنْ شِمَالِي ، وَمِنْ فَوْقِي ، وَأَعُوذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِي

Maksudnya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pada-Mu keampunan dan keselamatan (‘afiah) di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pada-Mu keampunan dan keselamatan (‘afiah) dalam agamaku, dunia, keluarga dan hartaku. Ya Allah, tutupilah aibku dan berilah ketenteraman di hatiku. Ya Allah, jagalah aku; dari depan, belakang, kanan, kiri, dan atasku, serta aku memohon perlindungan dengan keagungan-Mu agar tidak disambar dari bawahku.”

(Riwayat Abu Daud, no. 5074)

Ibn Umar menyatakan: “Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan doa-doa ini ketika pagi dan petang.”

Justru, bacalah doa ini pada waktu pagi dan petang, sebagaimana amalan Rasulullah SAW.

Dalam hadis yang lain, Rasulullah SAW menegaskan:

سَلُوْا الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فَإِنَّ أَحَدًا لَمْ يُعْطَ بَعْدَ الْيَقِيْنِ خَيْرًا مِنَ الْعَافِيَةِ

Maksudnya: “Mintalah keampunan dan keselamatan (‘afiah) kepada Allah SWT. Sesungguhnya seseorang tidak diberikan pemberian setelah keyakinan yang lebih baik dari keselamatan (‘afiah)”

(Riwayat al-Tirmizi, no. 3558)

Moga-moga Siti Aafiyah membesar menjadi Muslimah yang solehah. Berbakti kepada ibu bapanya, keluarga, masyarakat, negara dan agama. Wallahua’lam,” tulisnya di akun Facebook.


Ibrahim Muhammad Abdullah (Oki Setiana Dewi-Ory Vitrio Abdullah)

Bayi laki-laki ini adalah anak ke 3 dari pasangan Ory Vitrio Abdullah dan Oki Setiana Dewi. Oki memberi nama bayinya yang lahir pada Senin, 18 Desember 2017 dengan nama Ibrahim Muhammad Abdullah. Di akun Instagram-nya Oki berharap agar anaknya diberkahi dan dikaruniakan kebaikkan olehNya.

Dalam foto bayinya, Oki mengutip sebuah hadits tentang nama Ibrahim. “Sesungguhnya Ibrahim itu benar-benar seorang yang penyantun lagi penghiba dan suka kembali kepada Allah.” (QS. Huud: 75).

 

Mohamad Khalil Al Hikmah (Metha Yuna-Uki 'Noah')

Bayi pasangan Uki ‘Noah’ dan pesinetron Metha Yuna ini diberinama Mohamad Khalil Al Hikmah. Dalam akun Instagram Meta Yuna menulis, “Alhamdulillah,..Terimakasih semuanya buat doa dan perhatiannya buat keluarga kecil kita,terkhusus Mohamad Khalil Al Hikmah 👶🏻..maaf ga bs bales satu” yaa🙏🏻🙏🏻semoga Semuanya diberkahi Oleh Allah SWT..💙.”

"Khalil dalam bahasa Arab artinya teman dekat. Al-Hikmah adalah salah satu nama Allah Yang Maha Bijaksana,"  beber Uki saat ditemui di RSIA Family.

Uki melanjutkan, Khalil berasal dari Nabi Ibrahim. "Allah mengambil Nabi Ibrahim sebagai seorang Khalil yang artinya sahabat terdekatnya. Jadi, arti namanya adalah teman dekat Allah Yang Maha Bijaksana," ujarnya lagi.

Cut Hawwa Medina Al-Fatih (Teuku Wisnu-Shireen Sungkar)

 

Pada 25 Juli 2016 anak kedua Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu lahir dengan jenis kelamin perempuan. Bayi cantik itu diberi nama Cut Hawwa Medina Al-Fatih. Nama Hawa diambil dari nama wanita pertama dan juga istri Nabi Adam.

BACA JUGA:

Pria Muslim Ini Ada di Balik Munculnya Produk Kecantikan dan Perawatan Tubuh

Nama Medina merupakan pelafalan Kota Madinah di Arab Saudi. Sementara Alfatih merupakan nama baru milik Teuku Wisnu yang ia ambil dari nama salah seorang raja atau sultan Kerajaan Utsmani yang paling terkenal. Ia orang yang menaklukkan Kerajaan Romawi Timur yang telah berkuasa selama 11 abad.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini