nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tips dan Trik Membuat Telur Orak-Arik ala Celebrity Chef Dunia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 26 Maret 2018 16:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 26 298 1877979 5-tips-dan-trik-membuat-telur-orak-arik-ala-celebrity-chef-dunia-SC0GPAiNFm.jpg Anthony Bourdain (Foto: Thedailymeal)

SETIAP orang tentu memiliki teknik tersendiri dalam membuat olahan telur. Bahan makanan yang satu ini memang sangat praktis untuk dikreasikan menjadi berbagai hidangan lezat seperti telur rebus, telur mata sapi, atau bahkan telur orak-arik.

Nah, berbicara soal telur orak-arik, ternyata ada teknik-teknik khusus yang harus Anda perhatikan ketika membuat hidangan tersebut. Bumbu yang digunakan pun cukup bervariasi tergantung rasa dan tekstur yang diinginkan. Namun jika Anda ingin mencoba membuat olahan telur orak-arik ala celebrity chef ternama dunia, berikut Okezone rangkumkan 5 tips dan triknya, sebagaimana dilansir dari The Daily Meal, Senin (26/3/2018).

Alton Brown

Celebrity chef asal Amerika Serikat ini membuat telur orak-arik dengan mengaduk tiga buah telur ayam berukuran besar, lalud icampurkan bersama kosher salt, sedikit lada hitam, dan tiga sendok makan susu full cream. Ia mengaduk adonan tersebut hingga teksturnya terlihat sedikit halus dan berbusa. Kunci kelezatan telur orak-arik ala Brown juga terletak pada teknik penyajiannya. Ia selalu menyisihkan hasil olahannya selama kurang lebih satu menit sebelum disajikan.

Bobby Flay

Bintang Food Network sekaligus pemilik restoran bintang lim, Bobby Flay, mengungkapkan bahwa telur orak-arik yang sempurna dimulai dari wajan antilengket dan dipanaskan di atas api sedang dengan mentega dan creme fraiche. Ketika produk dairy itu meleleh, ia kemudian akan menambahkan adonan telur dan mengaduknya dengan cepat di atas wajan. Bobby tidak menambahkan bumbu apapun hingga tekstur telur sepenuhnya matang. Ia hanya menambahkan sedikit garam sebelum telur disajikan.

Chrissy Teigen

Supermodel dan penulis buku masak Chrissy Teigen juga memiliki teknik khusus untuk membuat olahan telur orak-arik yang lezat. Ia selalu menambahkan susu full cream, sedikit keju, garam, dan lada ke dalam adonan telur, lalu mengaduknya hingga tercampur rata. Istri penyanyi John Legend itu menggambarkan bahwa olahan telur orak-ariknya itu menyuguhkan sensasi rasa telur yang gurih, cheesey, dan menggugah selera.

Anthony Bourdain

Siapa yang tidak tahu Anthony Bourdain? Pria asal Amerika ini mulai dikenal masyarakat luas setelah tampil dalam sejumlah acara memasak, sekaligus menjadi pembawa acara travel. Dengan segudang pengalamannya, Anthony juga memiliki trik membuat telur orak arik yang lezat. Ia hanya menggunakan garam dan sedikit lada untuk membumbui adonan telur, tanpa tambahan krim, air, atau susu. Untuk proses pengolahan, Anthony selalu menggunakan teknik klasik yaitu, selalu menggerakan dadih di permukaan wajan.

Gordon Ramsay

Saingan Anthony Bourdain justru suka memasak telur orak-arik dengan teknik Prancis klasik. Proses pembuatannya pun cenderung lebih lama dibandingkan olahan telur orak-arik pada umumnya, sehingga tekstur telur terasa lembut seperti puding. Salah satu bumbu yang ia gunakan adalah creme fraiche, kemudian ia memilih menggunakan panci dibandingkan wajan untuk memasak adonan telur tersebut.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini