Mencicipi Olahan Ikan Penja Khas Suku Mandar, Penduduk Asli Kabupaten Pasangkayu

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 26 Maret 2018 17:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 26 298 1878134 mencicipi-olahan-ikan-penja-khas-suku-mandar-penduduk-asli-kabupaten-pasangkayu-p5aoHZhQSP.jpg Ikan penja (Foto: Am3y.wordpress)

KERAGAMAN suku di Indonesia membuat masing-masing daerah memiliki ciri khas tersendiri termasuk di Provinsi Sulawesi Barat. Di sana ada sebuah suku yang terkenal yaitu Suku Mandar. Suku tersebut mendiami hampir di semua wilayah tak terkecuali di Kabupaten Pasangkayu.

Suku Mandar memiliki kuliner khas yang sering dikonsumsi sehari-hari. Salah satunya adalah olahan ikan penja. Sepintas bentuk ikan ini mirip dengan ikan teri medan. Bedanya di tubuh ikan seperti ada garis-haris. Panjang ikan hanya 1-2 cm saja. Ikan penja dapat dengan mudah ditemukan di hulu sungai tapi di waktu-waktu tertentu saja.

 (Baca Juga: Di Jakarta, David Beckham Suarakan Gaya Hidup Sehat)

Masyarakat Suku Mandar yang merantau sering membawa maupun mengolah ikan ini sebagai pengobat rindu kampung halaman. Terlebih ikan ini bisa bertahan lama dan dikirim ke tempat jauh hanya dengan ditaburi garam.

Ikan penja sebenarnya bisa diolah dengan berbagai cara. Namun yang lebih sering dipepes atau ditumis. Ikan akan dimasak

dengan berbagai macam rempah-rempah sehingga bercita rasa tinggi. Bila ikan langsung dimasak dalam keadaan segar, tentu rasanya akan semakin keluar.

 

Masyarakat yang senang menumis ikan penja biasanya akan mencampurkan dengan bawang merah, cabai, tomat, dan sedikit minyak kelapa. Bumbunya memang sederhana, akan tetapi rasa gurih dan kenyalnya ikan mampu menggoyang lidah. Bahkan bisa membuat mulut tak berhenti mengunyah karena selalu ada keinginan untuk menambah porsi.

Sedangkan untuk pepes cara membuatnya pun cukup mudah. Sama seperti pepes pada umunnya, salah satu bahan yang diperlukan adalah daun pisang. Ikan penja yang telah diberi bumbu akan diletakkan di daun pisang untuk dibungkus. Setelah terbungkus rapi, langkah selanjutnya adalah dipanggang di atas api. Mungkin ini bisa dikatakan sebagai cara yang tak biasa sebab pepes biasanya dikukus.

 (Baca Juga: Belum Pernah Ketemu, Pasangan Nikah Lewat Video Call, Netizen: "Anaknya Download!")

Untuk menambah kelezatan rasa, pepes ikan penja bisa disajikan dengan cocolan sambal yang terbuat dari irisan daging Mandar dan cabe rawit yang disiram perasan air jeruk nipis. Selain dijadikan masakan, masyarakat setempat juga mengasinkan atau mengeringkan ikan yang juga disebut ikan duo itu.

(dno)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini