nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Kari Tertua di Jepang, Ada Resepnya Juga

Imeida Ulfa Ariyanti, Jurnalis · Selasa 27 Maret 2018 04:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 26 298 1878217 ini-kari-tertua-di-jepang-ada-resepnya-juga-ckm2o2vAaL.jpg Kari tertua di Jepang (Foto:Soranews)

JEPANG terkenal dengan masakannya yang lezat dan gurih seperti curry. Ya curry atau kari merupakan salah satu makanan populer di Jepang yang telah ada sejak lama. Namun sekitar 150 tahun yang lalu kari di sana belum sepopuler sekarang.

Curry atau kari pertama kali diperkenalkan oleh pelaut Inggris yang telah menjadikan masakan khas India ini sebagai makanan mereka ketika melaut. Sementara itu Pada tahun 1872, Jepang menerbitkan resep panduan memasak Japanese Cooking Michimasa volume kedua yang terdiri dari 110 resep makanan utama dan makanan penutup yang dibawa oleh orang asing ketika berkunjung ke Jepang.

BACA JUGA:

Bukan Dewi Yunani, Ternyata Ini Logo Pertama Starbucks yang Kurang Dikenal

Buku ini merupakan buku lama dan didalamnya juga tertuang bahan dan cara memasak kari tertua yang pernah ada dalam sejarah di Jepang. Ini terdiri dari kari daging sapi dan ayam. Untuk membuat kari tersebut, berikut bahan dan caranya mengolahnya. Seperti melansir Soranews24 ,Selasa (27/3/2018).

 Bahan-bahan

- Irisan daging sapi

- 2 batang daun bawang

- Mentega (4,5 roti)

- 1 sendok shitoruto bubuk kari

- 1 sendok shitoruto tepung terigu

- Garam secukupnya

- Air atau kaldu daging

 

Untuk takaran sendok shitoruto, memang sangat sulit menemukan padanan kata yang tepat dalam menggambarkannya. Namun shitoruto sudah dapat dikatakan sebagai “sendok makan.” Jadi 1 sendok shitoruto itu berarti satu sendok makan.

BACA JUGA:

Selain Siti Nurhaliza 3 Selebriti Ini Namai Buah Hatinya Bernuansa Islami, Artinya Bikin Adem

Cara membuatnya:

1. Panaskan wajan, iris tipis daun bawang. Kemudian tumis dengan buttor hingga bewarna agak kuning kecoklatan;

2. Campurkan satu sendok shitoruto bubuk kari bersama dengan tepung dan garam;

3. Tambahkan daun bawang yang telah digoreng sebelumnya;

4. Setelah bahan sausnya tercampur rata, masukkan daging yang telah diiris tipis. Biarkan mendidih selama 10 menit. Gunakan api sedang saat memasaknya;

5. Tambahkan air secukupnya, tunggu 30 menit hingga kari tersebut mengental.

Sementara itu orang Jepang biasanya akan menambahkan nasi putih ketika hendak memakannya. Mereka menghidangkannya pada satu piring yang terdiri dari dua bagian yaitu sebagian nasi dan bagian lainnya terdiri dari kari.