nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tabanan Punya Kopi dengan Nama Seram, Berani Coba?

Vessy Frizona, Jurnalis · Senin 26 Maret 2018 22:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 26 298 1878247 tabanan-punya-kopi-dengan-nama-seram-berani-coba-ncmC4eKrFN.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

BAGI Anda yang senang beriwsata ke Bali, pasti pernah mendengar kata Leak. Apa yang ada di pikiran Anda saat ini bila mendengar kata Leak?

Takut? Wajar. Leak adalah sosok gaib yang menyeramkan dalam mitologi Bali. Leak adalah penyihir jahat yang diceritakan dalam legenda Bali sejak zaman dulu. Konon, "le" artinya penyihir dan "ak" artinya jahat.

Leak hanya bisa dilihat di malam hari oleh para dukun pemburu leak. Di siang hari ia tampak seperti manusia biasa, sedangkan pada malam hari ia berada di kuburan untuk mencari organ-organ dalam tubuh manusia yang digunakannya untuk membuat ramuan sihir.

 (Baca Juga: Gaya Hidup Sehat David Beckham, Rajin Antar Anak ke Sekolah)

 

Ramuan sihir itu dapat mengubah bentuk leak menjadi seekor harimau, kera, babi atau menjadi seperti Rangda. Bila perlu ia juga dapat mengambil organ dari orang hidup. Di Bali sering ditemukan topeng leak yang wujudnya seperti wajah menakutkan dengan taring mencuat dan lidah menjulur keluar.

Bila membayangkan leak saja sudah menyeramkan, apalagi kalau bertemu. Siapa pun pasti akan lari kocar-kacir dari kejaran leak. Nah, membahas soal leak, kini leak di Bali, khususnya Tabanan, bukan sesuatu yang menyeramkan lagi. Leak bahkan dinikmati dan banyak di cari wisatawan.

Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti mengatakan sekarang ada minuman paling baru dari Tabanan. Minuman itu berasal dari bahan baku utama biji kopi. Saat ini sedang dikembangkan dan dipasarkan besar-besaran.

  (Baca Juga: 3 Destinasi Wisata Berbasis Konservasi yang Wajib Disambangi Ketika Berlibur ke Tabanan)

“Namanya kopi leak. Sengaja diberi nama kopi leak karena dari nama orang akan penasaran dan mencari produk itu. Saat ini produk-produk akan mudah terangkat dan jadi tren ketika namanya unik dan nyeleneh,” ungkap Ni Putu Eka ketika berbincang dengan Okezone di Gedung INews, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Kopi leak adalah kopi robusta yang biji kopinya diperoleh dari biji kopi petani setempat. Saat ini kopi leak sudah banyak diketahui di media sosial. Jika Anda mampir ke Tabanan, Bali, jangan lupa mencicipi kopi leak. Kopi leak bisa didapat di rumah desa. Sebuah lokasi yang disediakan pemerintah daerah untuk para pedagang memasarkan produk makanan dan minuman buatan mereka.

“Kami kumpulkan penjual di sana. Mereka bisa berdagang makanan dan minuman khas Tabanan. Salah satunya ada kopi leak. Kalau penasaran silahkan datang dan cicipi sendiri,” tukas ungkap wanita yang akrab disapa Ibu Eka ini.

(tam)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini