Miss Indonesia 2018 Alya Nurshabrina Tularkan Minat Baca kepada Anak-Anak di RPTRA Sungai Bambu

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 27 Maret 2018 18:53 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 27 196 1878705 alya-tularkan-kebiasaan-minat-baca-kepada-anak-anak-di-rptra-sungai-bambu-rk5U7ypC1S.jpg Alya Nurshabrina (Foto: Dewi/Okezone)

SEJAK lama Miss Indonesa 2018 Alya Nurshabrina sangat tertarik menularkan minat baca kepada anak-anak. Hidupnya setiap hari selalu melakukan kegiatan sosial keliling ibu kota.

Kali ini dia mengajak anak-anak di RPTRA Sungai Bambu untuk giat membaca buku-buku bercerita yang menyenangkan. Dia pun membagikan dongeng dengan kisah rakyat bertema kabayan.

Alya memang perempuan yang pantas menjadi relawan yang sangat dekat dengan anak-anak. Dia ikhlas membagi minat baca yang positif untuk mereka.

Sebab, menurut Alya, dari membaca buku saja anak-anak bisa mendapatkan berbagai informasi. Apalagi saat ini perempuan 22 tahun itu mengenalkan cerita rakyat dari Jawa Barat yang dikaitkan dengan kehidupan masyarakat saat ini.

"Saya buat dongeng judulnya "Kabayan Raja Air dengan Cigending" artinya banjir dan "Kabayan dan Kodok Majalaya" artinya air kotor. Dalam buku itu mengajarkan anak-anak untuk mencari solusi saat kena musibah," ujarnya saat ditemui di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (27/3/2018).

Dalam aksi sosialnya ini, Alya kerja sama dengan Save the Children dari Australia. Kegiatan menjadi relawan ini bukanlah yang pertama kalinya.

Dia punya hobi berbagi kebaikan untuk anak-anak dengan menularkan kebiasaan membaca. Anak-anak harus melakukan hal ini sejak dini agar wawasannya terbuka.

"Kalau saya inginnya anak-anak terbiasa membaca buku tanpa harus dipaksa. Dengan baca, mereka jadi kenal profesi, tahu cerita rakyat dan banyak lagi manfaatnya," imbuhnya.

Beruntung, respon anak-anak yang dibesarkan di lokasi buruh kasar ini tertarik dengan kegiatan yang dilakukan oleh Alya. Mereka sangat memperhatikan apapun yang diajarkan oleh Miss Indonesia asal Jawa Barat itu.

"Ekspektasinya anak-anak bagus sekali memperhatikan apa yang saya ajarkan. Tentu saya ingin mereka punya kebiasaan baca tanpa harus dipaksa siapapun," pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini