nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Baru Usia 3 Hari Bayi Zaskia Mecca Sudah Disunat, Ternyata Ini Manfaatnya

Vessy Frizona, Jurnalis · Selasa 27 Maret 2018 12:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 27 481 1878441 baru-usia-3-hari-bayi-zaskia-mecca-sudah-disunat-ternyata-ini-manfaatnya-v0UljeK02A.jpg Zaskia, Hanung, dan Bhrekata (Foto: zaskiadyamecca/Instagram)

SUNAT atau sirkumsisi adalah tindakan memotong atau menghilangkan sebagian atau seluruh kulit penutup depan dari penis. Frenulum dari penis dapat juga dipotong secara bersamaan dalam prosedur yang dinamakan frenektomi.

Dalam Islam, anak laki-laki wajib disunat sebelum akil baligh. Namun, banyak pula orangtua yang menyunat anak laki-lakinya ketika usia balita bahkan ketika masih bayi.

Seperti yang dilakukan Zaskia Adya Mecca terhadap bayi laki-lakinya. Ya, pasangan Zaskia dan Hanung Bramantyo baru saja dikaruniai anak kelima pada 23 Maret 2018. Setelah bayi itu berusia 3 hari mereka sepakat untuk langsung menyunat bayi yang diberi nama Bhrekata itu sebelum keluar dari rumah sakit.

 (Baca Juga: Apel Hijau Ini Berselimutkan Daun Emas, Tertarik Coba?)

Keputusan Zaskia menyunat bayinya yang masih merah bukan tanpa alasan. Wanita 30 tahun itu mempertimbangkan alasan kesehatan di baliknya. Sebelumnya Zaskia juga punya pengalaman pada anak laki-laki nomor dua yang mengalami penyumbatan saluran kencing. Sehingga itu cukup membuat anaknya trauma.

Dalam akun Instagram-nya Zaskia menuliskan pengalamannya memutuskan bayinya disunat lebih awal. Salah satu manfaatnya adalah meminimalisir infeksi saluran kecing. Selain itu, Zaskia juga banyak mendapat masukan dari saudara kandung dan adik iparnya yang tinggal di Arab Saudi. Bahwa, menyunat bayi laki-laki itu merupakan hal biasa yang di lakukan di sana.

"Haiiii @bhrekata yang hari ini udah sunat .. Alhamdulillah lega juga akhirnya udah sunat anak dari baby .. pengalaman fimosis kaba dan keefe ngebuat traumatis bgt drama bolak balik rs kaba atau keefe yg mendadak hrs operasi krn mampet saluran pipisnya pas dia umur 2taun .. ngebuat kali ini kita mantep buat sunatin bayi laki2 setelah lahir .. surprise juga pas tau dr adik ipar yang tinggal di madinah, kalo ternyata di saudi sudah hal biasa bayi baru lahir sebelum pulang di sunat dulu di RS .. setelah dirasa emang lbh banyak manfaatnya , kenapa juga hrs di tunda ☺️ lbh bersih, meminimalisir ISK (infeksi saluran kencing), recovery pada bayi lbh cepat dan traumatis pun jauh lbh ga ada ☺️☺️ #bhrekata," tulis Zaskia dalam keterangan foto di akun Instagram miliknya, zaskiadyamecca.

  (Baca Juga: Konsumsi Kentang Rebus Baik untuk Kesehatan Jantung)

Unggahan ini pun mendapat respon dari rekan Zaskia sesama artis sekaligus sahabatnya, Shireen Sungkar. Rupanya anak pertama Shireen sudah melakukan sunat saat bayi. Menurut ibu dari Adam tersebut, sunat yang dilakukan saat bayi akan kering lebih cepat.

Sementara itu, warga net lain turut membagikan pengalaman dan komentar mereka tentang anak laki-laki yang disunat ketika bayi.

"alhamdulillahh!! Iya benerr bgt kak @zaskiadyamecca ! Sunat lbh cepat lebih baik. Kalau ikut sunnah pun usia bayi 7 hari. yg Rasulullah ajarin paling baik lah. Gada sangkalan lagi. Bner kaaann kaakk 😊😊😊 @zaskiadyamecca," tulis hnna_muthaharYeayy.

"sama anaku umur 6bln udah sunat fimosis.. lebih cepet sembuh nya... saat itu udh tengkurep jadi ngilu liat nya...," tulis citra.andriyani09.

"Anak aku juga kak.. Sunat umur 7 bulan, itu aja uda kegedean menurut aku, karna dia udh aktif merangkak waktu itu.. Dan alhamdulillah lumayan ga rewel.. Sembuhnya (kering) sekitaran seminggu.. Jd lebih lega aja ya kalo inget2 ada sgl macam penyakit kek fimosis gitu, anaknya dah aman.. Insyaallah.. Amiin," tulis analatifahr.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini