nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta-Fakta Jamur Maitake yang Diyakini Bisa Mengobati Kanker

Widya Marchellin, Jurnalis · Selasa 27 Maret 2018 18:44 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 27 481 1878682 fakta-fakta-jamur-maitake-yang-diyakini-bisa-mengobati-kanker-h1gR5tJvdJ.jpg Jamur maitake diklaim bisa obati kanker (Foto: Vitalherbs)

SEPERTI Reishi dan ekor kalkun, jamur maitake telah digunakan sebagai obat selama bertahun – tahun oleh masyarakat Jepang dan China.

Meskipun sangat dikenal di Jepang, tapi jamur ini telah banyak berkembang dan tumbuh di seluruh dunia. Misalnya, Inggris menyebutnya 'hen-of-the-woods', Italia menyebutnya jamur “signorina” dan China “ Huishuhua”.

Tidak seperti kebanyakan jamur Obat yang digunakan, Maitake juga dapat dimasak dan dimakan karena memiliki rasa yang lezat. Memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, berikut fakta tentang jamur Maitake:

Arti Nama Maitake

Jamur Maitake memiliki banyak nama yang berbeda, berdasarkan negara di mana ditemukan. Maitake juga disebut King of mushroom karena ukurannya yang besar. Nama Latinnya adalah Grifola frondosa yang mengacu pada mitos griffin.

Mengandung Polisakarida

Seperti polipora lainnya, maitake mengandung polisakarida yang dapat merangsang sistem kekebalan tubuh.

Polisakarida adalah karbohidrat kompleks yang terdiri dari molekul gula yang lebih kecil. Gula ini menstabilkan tekanan darah, gula darah dan memiliki efek pada radikal bebas.

Membantu Melawan Kanker

Polisakarida beta glucan yang disebut D-Franction yang terdapat pada Jamur Maitake berkhasiat untuk penyakit kanker. Hal ini telah dipaparkan Profesor Hiroaki Nanba, PhD, seorang guru Besar di Universitas Kobe.

Beta glukan ini akan menghambat penyebaran sel kanker ke organ tubuh lain dan dapat menghalangi tubuh terserang kanker bagi mereka yang sehat. Hal ini dikarenakan maitake dapat mengaktifkan kemampuan sel yang sudah rusak untuk membunuh dirinya sendiri.

Maitake Merangsang Sistem Kekebalan Tubuh

Pada tahun 2009, uji coba yang dilakukan Pusat Kanker Memorial Sloan Kettering menunjukkan bahwa, Maitake dapat merangsang sistem kekebalan tubuh pasien kanker payudara.

Percobaan lain dengan pasien kanker menunjukkan sel natural killer (NK) dapat menstimulasikan sel sistem kekebalan tubuh.

Memodulasi Glukosa

Maitake dapat memodulasi kadar glukosa, yang merupakan karakteristik yang sangat membantu bagi mereka yang menderita diabetes tipe II dan dapat membantu membatasi timbulnya kondisi ini.

Seperti yang diketahui sekarang, diabetes sedang meningkat di banyak negara karena diet yang buruk dan peningkatan gaya hidup tidak sehat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini