nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Menata Hiasan Seni di Dalam Rumah agar Makin Ciamik

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 28 Maret 2018 16:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 28 196 1879078 tips-menata-hiasan-seni-di-dalam-rumah-agar-makin-ciamik-uQrh8NxOhL.jpg Dekorasi ruangan (Foto: Sciencerocks)

MENDEKORASI ruangan bukan perkara mudah. Namun, bukan hal yang terlalu sulit juga, karena setiap orang sudah diberikan sense untuk tahu bagaimana bagusnya suatu visual.

Masalahnya sekarang, bakat alamiah itu kadang tidak sesuai dengan kenyataan atau kurang bisa dinikmati secara umum. Jika menurut Anda meletakkan guci besar di ruang keluarga tepat, belum tentu secara estetika ruangan hal tersebut baik dilakukan.

Apalagi jika Anda punya karya seni yang secara nominal harganya tidak murah. Tentunya Anda ingin kan memperlihatkannya ke orang lain dengan di pajang di sudut ruangan?

Nah, ternyata ada trik sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menempatkan karya seni yang akan memperindah ruangan Anda sekaligus menunjukkan cita rasa seni yang baik pada orang lain.

 (Baca Juga: Pelajaran Hidup Terberat yang Akan Dihadapi 12 Zodiak di Tahun 2018)

Diterangkan Seniman dan Designer Mainan Arkiv Vilmansa, memang tidak bisa sembarang Anda meletakkan karya seni di sudut ruangan. Apalagi jika karya seni ini punya cerita tersendiri bagi hidup Anda atau juga memang cukup terkenal karena pembuatnya sudah legend.

"Hal pertama yang mesti diperhatikan adalah lokasi peletakannya. Sebisa mungkin itu diletakkan di ruang keluarga atau di kamar tidur, ini untuk menunjukkan karakter diri Anda dan keluarga," terangnya saat diwawancarai di IKEA Alam Sutera, Rabu (28/3/2018).

Selain itu alasan keamanan barang pun perlu diperhatikan. Sambung Arkiv, sebisa mungkin jauh dari jangkauan anak-anak. Bagaimana pun, karya seni itu punya memori dan secara finansial harganya tidak murah. Jangan sampai rusak bahkan pecah karena ketidaksengajaan anak-anak.

  (Baca Juga: Ini 10 Petenis Dunia Bertubuh Seksi, Maria Sharapova Nomor 1)

Setelah itu, untuk medium penempatannya, Arkiv menjelaskan, kalau memang karya tersebut bisa diletakkan di dinding, maka letakkan di dinding. Jika karya itu sebuah figura, usahakan untuk meletakannya di pojok ruangan atau kalau bisa di etalase atau di rak dinding yang sekarang juga sedang banyak disenangi.

"Jika karya seni itu berupa barang kaca, jangan meletakkannya di sembarang tempat. Sekali lagi, ini untuk meminimalisir risiko pecah atau rusak karena ulah ketidaksengajaan," sambungnya.

  (Baca Juga: Robusta Pupuan, Kopi Jagoan Tanah Tabanan yang Tak Terlalu Pahit)

Di kesempatan ini juga Akriv coba memberikan tips sederhana merawat barang karya seni kaca.

"Untuk pembersihannya sendiri, tidak terlalu repot, karena ini bukan barang yang dipakai. Jadi, sekadar dibersihkan dengan lap lembab atau Anda yang punya lap kanebo, itu sudah cukup. Kemudian, jangan pakai sabun karena akan merusak warna dari karya seni tersebut," tambahnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini