nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kulineran Seafood Enak di Kampung Ujung, Labuan Bajo

Dinno Baskoro, Jurnalis · Rabu 28 Maret 2018 07:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 28 298 1878881 kulineran-seafood-enak-di-kampung-ujung-labuan-bajo-s3iDfx0m2q.jpg

USAI seharian jalan-jalan di Labuan Bajo, mencicipi kuliner lezat bisa jadi pilihan tepat untuk melepas penat! Lokasinya yang di pesisir pantai, membuat kawasan wisata ini dipenuhi aneka olahan seafood yang tak boleh terlewatkan.

Seperti di pusat kuliner Kampung Ujung yang letaknya di dekat pelabuhan Labuan Bajo dan tak jauh dari Bandar Udara Komodo. Biasanya, mulai pukul 17.00 waktu setempat, sudah berjejer aneka gerai makanan laut yang siap menggoyang lidah.

"Kalau pusat kuliner yang ramai itu yang di Kampung Ujung. Makanan yang paling terkenal sudah pasti seafood," Andre, staf guide dari Plataran Komodo kepada Okezone di Labuan Bajo, Selasa, 27 Maret 2018.

Pusat kuliner yang buka hingga pukul 00.00 waktu setempat ini, memang menawarkan pengalaman makan malam yang berbeda. Wisatawan bisa menikmati makanan enak sambil ditemani semilir angin laut serta kerlip dari kapal nelayan di sekitar lokasi.

Tak ayal, kawasan kuliner ini jadi yang paling ramai disambangi wisatawan lokal ataupun mancanegara di Labuan Bajo setiap hari. Banyak gerai yang menawarkan aneka makanan laut segar dan rata-rata baru ditangkap hari itu juga oleh nelayan setempat.

Jadi, Anda tak perlu bingung mau makan di gerai yang mana. Tinggal pilih gerainya dan si pedagang pun langsung menawarkan bermacam menu yang tersedia.

Mulai dari ikan kerapu, tuna, baronang, cumi-cumi, udang, kerang, ikan kue, ketambak dan lain sebagainya sudah terpajang di depan tenda dagangannya masing-masing. Jika sudah punya menu yang akan disantap, saatnya pilih olahan apa yang hendak dinikmati.

Hampir dari semua penjaja seafood di tempat ini menawarkan olahan yang dipanggang, digoreng atau di masak kuah asam manis yang semua tersaji lengkap dengan lalapan dan sambal pedas.

Dari semua pilihan yang ada, Okezone rekomendasikan untuk pesan menu ikan bakar bumbu merah dan tumis kangkung sebagai pelengkap. Hidangan ini cukup populer karena rasanya yang familiar.

 

Aroma rempah, gurih, sedikit manis dari bumbu merah membuat rasa ikan yang dibakar langsung di atas arang ini jadi makin sedap. Belum lagi dengan tambahan tumis kangkungnya, bersantap jadi makin nikmat.

Untuk yang suka hidangan berkuah, menu kerapu kuah asam manis bisa jadi pilihan lain. Namun jangan kira asam manisnya seperti masakan Padang atau Jawa yang merah. Sebab, asam manis di sini lebih mirip kuah kuning khas Indonesia Timur yang biasa disantap dengan papeda.

Tapi, demi mengisi tenaga kembali, lebih baik nikmati kerapu asam manis dengan nasi putih hangat. Selain bikin kenyang, kuah kuning hangat yang sedap rempah dan sedikit asam segar ini siap menggoyang lidah.

Tak usah khawatir bagi Anda yang tak suka seafood. Ada pedagang lain yang menyajikan menu olahan ayam, nasi goreng, dan jajanan lainnya seperti gorengan, batagor dan lain-lain.

Namun sekadar informasi, saat ini area di pinggir pelabuhan itu sedang dalam tahap relokasi. Pusat kuliner pun digeser sementara ke lapangan Pelabuhan yang jaraknya sekira 100 meter dari tempat asalnya.

Sekira 2-3 bulan ke depan, Anda bisa menikmati nuansa makan malam seru di Labuan Bajo kembali dengan tatanan gerai makanan yang pasti jauh lebih rapi dari sebelumnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini