nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mata Tuna hingga Hiu Fermentasi, Ini 5 Makanan Teraneh di Dunia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 29 Maret 2018 02:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 28 298 1879246 mata-tuna-hingga-hiu-fermentasi-ini-5-makanan-teraneh-di-dunia-7ZVhvhomMr.jpg Mata tuna makanan esktrem (Foto:Yorkfeed)

SETIAP negara tentu memiliki menu makanan tradisional dengan keunikan dengan ciri khasnya masing-masing. Seperti Indonesia dengan olahan rendangnya yang menggugah selera, hingga Italia yang populer berkat kelezatan pizzanya.

Selain masalah rasa, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa salah satu faktor yang membuat seseorang tertarik untuk mencicipi suatu makanan adalah tampilannya. Apalagi di era digital seperti, semua orang seolah berlomba-lomba ingin memamerkan menu makanan yang mereka santap setiap hari.

BACA JUGA:

Pisang Goreng Renyah atau Pisang Goreng Dadar, Camilan Nendang di Sore Hari

Tapi jangan salah, beberapa negara di dunia ternyata memiliki sejumlah menu makanan yang terkesan aneh dan tidak biasa. Bahkan, di beberapa negara, menu tersebut menjadi salah satu makanan nasional yang digemari penduduk lokal.

Lantas, seperti apa saja makanan teraneh yang ada di dunia? Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari Yorkfeed, Kamis (29/3/2018).

 

Hakari, Islandia

Hakarl merupakan makanan tradisional khas Islandia yang terbuat dari daging Greenland Shark yang telah difermentasi. Jenis hiu lainnya juga bisa digunakan untuk membuat hidangan tersebut. Setelah proses fermentasi dilakukan, daging hiu kemudian akan digantung hingga kering selama kurang lebih 4-5 bulan. Dari segi rasa, hakarl menyuguhkan sensasi rusi gurih seperti olahan ikan pada umumnya, namun karena diolah dengan teknik fermentasi, makanan ini mengeluarkan aroma yang sangat tajam seperti Ammonia.

BACA JUGA:

Makan Malam Semakin Lahap dengan Sajian Ayam Tangkap dan Sambal Jeruk Limau

Sup sarang burung, China

 

Beberapa tahun lalu, makanan yang satu ini sebetulnya sempat menjadi salah satu tren kuliner di Tanah Air. Namun dilihat dari asal usulnya, sup sarang burung ternyata adalah salah satu kuliner tradisional khas China. Makanan ini umumnya terbuat dari burung walet yang telah dicampurkan dengan berbagai bumbu pelengkap. Fakta unik lainnya, sup sarang burung termasuk makanan termahal di dunia. Bayangkan saja, untuk mencicipi semangkok sup Anda harus merogoh kocek sebesar Rp137 juta.

Rocky Mountain Oysters, Amerika Serikat dan Kanada

Rocky Mountain Oysters merupakan jenis makanan yang hanya dapat dijumpai di Amerika Serikat dan Kanada. Jangan terkecoh dengan namanya. Meski terselip kata oysters (kerang), makanan ini sebetulnya terbuat dari bagian testis sapi, babi, atau kambing muda yang telah dikuliti, lalu dicampurkan dengan tepung, lada, dan garam. Adonan tersebut kemudian digoreng dalam minyak banyak yang panas hingga tekstur dan warnanya berubah kecokelatan. Bagaimana, tertarik mencobanya?

 

Mopane, Afrika

Mopane adalah camilan atau makanan ringan asal Afrika yang terbuat dari ulat. Nama makanan ini terinspirasi dari nama sebuah pohon di mana ditemukannya bahan dasar ulat tersebut. Teknik pengolahannya pun terbilang unik. Setelah ditangkap, ulat kemudian akan dikeringkan selama beberapa waktu. Tidak ada bumbu atau bahan makanan pelengkap, karena ulat akan dimakan secara langsung.

 

Mata tuna, Jepang

Selain sushi, Jepang juga punya kuliner unik dan terbilang aneh yakni, tuna eyeball (mata tuna). Ya, sesuai dengan namanya, bukan bagian daging yang akan dikonsumsi oleh para pengujung atau penduduk lokal, melainkan bola mata tuna yang masih mentah. Namun kini, sebagian besar restoran di Jepang mulai menawarkan olahan mata tuna rebus. Harganya memang cenderung terjangkau yakni, Rp13 ribu per butir. Dari segi rasa, banyak yang mengklaim bahwa makanan ini mirip dengan cumi-cumi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini