nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Irlandia Buka Pantai Pertama untuk Kaum Nudis

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 28 Maret 2018 06:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 28 406 1878876 irlandia-buka-pantai-pertama-untuk-kaum-nudis-k1AJ22XWPr.jpg Pantai di Irlandia (Foto: Irishcentral)

BANYAK cara untuk menikmati pantai. Ada pengunjung yang memilih untuk berenang, menerjang ombak, surfing, atau bahkan hanya sekadar bermain pasir dan berjemur. Akan tetapi, semua kegiatan itu dapat menimbulkan dampak yang sama yaitu kulit menjadi hitam dan belang.

Ya, saat beraktivitas di luar ruangan, kulit akan menjadi menghitam bila terpapar sinar matahari. Namun jika ada bagian tubuh yang tetap terbalut pakaian biasanya warna kulit akan tetap seperti sedia kala. Hal itulah yang membuat kulit menjadi belang. Maka tak heran beberapa orang memilih telanjang saat pergi ke pantai. Orang-orang seperti itu biasanya dikenal dengan kaum nudis.

Sebenarnya banyak alasan mengapa seseorang enggan mengenakan pakaian saat di pantai. Beruntung sejumlah negara menyediakan pantai khusus kaum nudis. Tak bisa dipungkiri bila pantai jenis itu memang menarik minat wisatawan. Bahkan baru-baru ini Irlandia merilis pantai nudis pertamanya.

Pantai itu adalah Hawk Cliff di Dalkey. Saat ini pantai tengah menjalani renovasi untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Pemerintah melalui Dun Laoghaire-Rathdown County Council juga sudah membuat pengumuman publik tentang perubahan jenis pantai tersebut. Berdasarkan sejumlah tanda, tampaknya pantai akan resmi dibuka bulan depan.

Beberapa pihak juga telah memperingatkan pemandian di sekitar pantai bahwa kemungkinan nanti banyak pengunjung yang mandi telanjang. Ketua Irish Naturist Association (INA), Pat Gallagher mengatakan, “Setiap negara lain di Eropa memiliki jenis pantai ini dan biasanya pemandian telanjang juga dapat dilihat di luar pantai."

Keputusan pemerintah untuk membuka pantai nudis merupakan sejarah bagi Irlandia mengingat sebelumnya negara tersebut tidak memiliki pantai jenis itu. Keputusan tersebut sebenarnya muncul setelah undang-undang Irlandia tentang ketelanjangan publik diubah pada 2017. Tidak menutup kemungkinan akan terjadi revolusi kaum nudis di negara tersebut karena INA telah melobi pihak berwenang terkait tentang pemasangan tanda-tanda yang sama di pantai.

Dengan begitu pengunjung pantai dapat leluasa untuk melepas pakaiannya. Namun pengunjung yang tetap ingin berpakaian juga tetap diperkenankan datang ke pantai. Secara teknis Hawk Cliff bukan area untuk nudis melainkan memberikan pilihan kepada pengunjung untuk tidak mengenakan pakaian.

Tapi tampaknya tidak semua pihak senang dengan keputusan tersebut. Seorang anggota dewan, John Bailey mengatakan jika dirinya menentang hal tersebut. Demikian seperti yang dikutip dari Independent, Rabu (28/3/2018).

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini