nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Amankah Minum Air Mineral Langsung Setelah Minum Susu?

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 29 Maret 2018 01:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 28 481 1879238 amankah-minum-air-mineral-langsung-setelah-minum-susu-FdG5RW0CVd.jpg Amankan minum air mineral setelah minum susu (Foto:Ist)

SELAMA ini susu hadir sebagai suatu makanan lengkap, pasalnya susu hadir selain kaya akan kandungan kalsium dan zat besi, susu juga memiliki mineral penting dan vitamin-B, yang memberi tubuh dorongan energi dan juga membuat tulang jadi lebih kuat.

Akan tetapi, dalam tata cara konsumsinya, cukup familiar terdengar ada beberapa makanan serta minuman tertentu yang dikatakan tidak boleh dipasangkan dengan minuman. Misal salah satunya soal keyakinan minum air mineral langsung setelah menenggak minuman susu.

Lalu apakah minum air mineral sesaat setelah minum susu adalah hal yang harus dihindari karena merupakan sesuatu yang buruk untuk dilakukan ataukah hal ini hanyalah sekedar mitos belaka?

 BACA JUGA:

Sering Diabaikan, Jamban yang Bersih Penting untuk Cegah Stunting

Well, menjawab pertanyaan di atas, sebagaimana diwarta Ndtv, Kamis (29/3/2018) disebutkan bahwa sejauh ini tidak ada studi ilmiah atau sebuah penelitian yang yang dilakukan tentang kebiasaan mana yang aman dan mana yang berbahaya. Namun, memang sejumlah besar orang mengeluh sakit perut atau merasa gelisaha dan berat jika minum air setelah minum susu. Di mana situasi ini dikatakan lebih lanjut kemungkinan karena fakta bahwa minum air setelah susu bisa memperlambat proses metabolisme protein susu itu sendiri sehingga membuat asam lambung.

Ini terjadi karena asam lambung lebih banyak diproduksi untuk menyerap dan mencerna jumlah susu yang sama, sebab air telah mencairkan cairan di sistem pencernaan, yang diketahui situasi ini bisa jadi sesuatu yang buruk bagi orang-orang yang memiliki perut sensitif. Penerapan pengertian yang sama juga diaplikasikan kepada situasi, kenapa meminum air langsung setelah baru selesai makan dapat membuat perut terasa berat dan kembung.

 BACA JUGA:

Ibu, Perhatikan 4 Hal Ini Agar Tumbuh Kembang Buah Hati Optimal

Akan tetapi, sejauh ini dikatakan tidak ada yang membuktikan efek jangka panjang atau efek berbahaya dari langsung meminum segelas air setelah meminum susu, pada dasarnya bahwa susu kebanyakan terbuat dari air, dengan tambahan lemak dan protein di dalamnya. Jadi, tidak ada salahnya minum air setelah itu. Namun, jika Anda adalah seseorang yang memiliki riwayat masalah pencernaan, yang terbaik ialah memang berkonsultasi dengan dokter yang terpercaya untuk mencari tahu apakah tubuh bisa menerima dengan baik jika minum air mineral langsung sesaat usai meminum susu.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini