nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tersenyum Bikin Orang Terlihat Tua, Mitos atau Fakta? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 01 April 2018 17:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 29 194 1879800 tersenyum-bikin-orang-terlihat-tua-mitos-atau-fakta-ini-penjelasan-ilmiahnya-MOE57pSZRC.jpg Senyum bikin orang terlihat tua? (Foto:Ist)

ADA sebuah mitos yang mengatakan bahwa tersenyum justru dapat mempercepat proses penuaan pada wajah. Semakin Anda tersenyum, semakin banyak pula kerutan-kerutan yang ada di wajah.

Untuk membuktikan hal tersebut, para ilmuwan berusaha mendalami mitos kuno itu dengan melakukan penelitian berdasarkan hasil foto dari sejumlah responden. Mereka menemukan sebuah fakta bahwa seseorang yang tersenyum saat difoto, cenderung terlihat lebih tua daripada meraka yang berekspresi kosong.

 BACA JUGA:

Dress Tartan Victoria Beckham Mirip Kantung Cucian?

Penelitian ini kemudian diterbitkan dalam Psychonomic Bulletin and Review Journal. Mereka juga menegaskan, orang yang tersenyum justru akan membuat wajahnya terlihat dua tahun lebih tua dari umur mereka saat ini.

Dalam penelitiannya, para ahli menampilkan berbagai gambar dari 40 responden, baik yang memiliki ekspresi tersenyum, maupun tanpa ekspresi sama sekali. Foto-foto tersebut akan dibandingkan secara langsung oleh para responden, kemudian mereka juga diminta untuk memberikan pendapatnya.

Eksperimen ini menunjukkan, sebagian besar responden merasakan jauh lebih muda ketika melihat foto diri mereka yang sedang dalam ekspresi kosong atau terkejut. Secara tidak langsung, eksperimen tersebut semakin membuktikan bahwa mitos tersenyum membuat seseorang menjadi terlihat tua adalah benar adanya.

“Kami mengaitkan senyuman dengan nilai-nilai positif dan mitos awet muda,” tutur salah seorang peneliti bernama Melvyn Goodale dari Brand and Mind Institute di Western University, seperti dilansir dari Standard, Kamis (29/3/2018).

Lebih lanjut Melvyn mengatakan, penelitian ini juga didasari dari konsep yang diusung oleh para perusahan pasta gigi, di mana mereka mengklaim bahwa wajah yang dihiasi oleh senyuman justru akan terlihat lebih muda.

Namun ketika para peneliti meminta pendapat para responden, mereka mengakui selama ini telah keliru karena sejatinya sebuah senyuman tidak menunjukkan sisi muda seseorang.

 BACA JUGA:

Eyeshadow Ternyata Bisa Digunakan untuk Dapatkan Tampilan Bibir Shimmering Loh

“Mereka benar-benar dibutakan dengan fakta, kalau wajah akan terlihat lebih muda ketika tersenyum,” tegas Melvyn.

Jika ditelisik lebih jauh, senyuman justru akan menimbulkan kerutan-kerutan kecil di sekitar wajah yang tanpa disadari membuat wajah menjadi terlihat lebih tua. Tak heran jika selama ini Kim Kardashian dan beberapa artis Hollywood lainnya sangat ‘pelit’ melemparkan senyum manis mereka ke hadapan media dan bahkan kepada para penggemarnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini