nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fantastis, Harga Camilan di Maskapai Bisa Lebih Mahal 900 Persen daripada di Supermarket

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 29 Maret 2018 15:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 29 298 1879687 fantastis-harga-camilan-di-maskapai-bisa-lebih-mahal-900-persen-daripada-di-supermarket-N2gz0Ms1Xv.jpg Camilan di pesawat dibanderol harga selangit (Foto:Thesun)

MEMBELI camilan di dalam maskapai rasanya bagi sebagian traveler menghindarinya. Karena satu produk makanan ringan pasti dibanderol dengan harga yang sangat mahal.

Kalau maskapai di Indonesia saja, satu produk camilan dihargai mulai Rp25-100 ribuan. Tapi khusus beberapa maskapai luar negeri, harga makanan ringannya dinaikkan hingga 900%.

Ini 4 Tipe Peminum Kopi, Termasuk Tipe yang Manakah Anda?

Penelitian baru telah melihat harga makanan dan minuman populer di maskapai ternama seperti Ryanair, easyJet, dan British Airways. Banyak jenis camilan yang ditawarkan untuk penumpang, tapi harganya selangit.

Dilansir Thesun, Kamis (29/3/2018), kenaikan harga makanan ringan yang dijual di tiga maskapai tersebut bisa mencapai 900 persen, lebih mahal daripada di darat alias supermarket.

Sebagai contoh, harga satu buah muffin pada penerbangan easyJet dibanderol £2,50 atau setara Rp48 ribuan. Kalau dihitung-hitung, jika beli di toko roti atau supermarket, dengan harga itu Anda bisa mendapat 3-4 buah muffin aneka rasa.

Demikian pula, sebungkus kacang pada penerbangan Flybe dijual seharga £1,80 atau setara Rp35 ribuan. Bila dibandingkan dengan membeli di supermarket, Anda bisa mendapatkan 3 bungkus kacang.

Nah, untuk camilan 40 gram keripik di maskapai Ryanair dibanderol seharga £2,23 atau setara Rp43 ribuan. Kalau belinya tidak di dalam maskapai itu, mungkin Anda bisa mendapat lima bungkus sekaligus.

Untuk camilan cokelat batang yang manis harganya kira-kira £1,80 atau Rp35 ribuan. Tak sebanding dengan rasanya yang terkadang biasa saja saat dimakan.

Khusus untuk minuman seperti teh, kopi, cola atau air mineral, awak kabin maskapai bisa membanderol hingga 900% lebih mahal daripada beli di minimarket.

 

Dalam maskapai Jet2 awak kabin menagih penumpangnya £2,70 atau setara Rp52 ribuan jika minum secangkir teh. Tetapi jika Anda membeli sekotak kantung teh dengan label tertentu, harganya kira-kira £1,35 atau Rp26 ribuan.

Bila dibandingkan, EasyJet dan Flybe sedikit lebih murah. Namun penumpang masih dikenakan biaya £2,50 atau setara Rp48 ribuan per cangkir, dengan British Airways masih dianggap murah yakni £2,30 atau Rp44 ribuan.

 BACA JUGA:

Makan Telur Paskah yang Telah Dihias, Aman atau Berbahaya?

Kenaikan harga terbesar adalah untuk cokelat batangan. Pada tahun 2016 harganya £1,20 atau Rp23 ribuan. Tetapi sekarang naik harga sebesar £1,80 atau Rp35 ribuan, meningkat 50%

Pakar Perjalanan Neil Cartwright dari KAYAK yang berbasis di Inggris mengatakan, lebih baik traveler membeli camilan sendiri sebelum melakukan penerbangan. Anda harus hemat uang untuk liburan, yang bisa digunakan di kota tujuan.

"Membeli makanan dan minuman di terminal sebelum naik ke pesawat, dapat membantu Anda menghindari harga jual melejit yang ditawarkan awak kabin," kata Neil.

Bila traveler melakukan penerbangan jarak jauh dan langsung 17 jam pertama dari Australia ke London bersama Qantas, pasti Anda mendapatkan komplementer makanan dan minuman untuk mengusir rasa bosan.

Kalau Anda tidak antisipasi, pasti saat terbang dengan waktu yang tak singkat akan cepat bosan. Lalu, perut juga lapar dan rasa haus tak terelakkan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini