nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Baru Usia 10 Tahun Anak Perempuan Sudah Menstruasi, Kenapa Ya?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 29 Maret 2018 14:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 29 481 1879653 baru-usia-10-tahun-anak-perempuan-sudah-menstruasi-kenapa-ya-wqe4BDFowd.jpg Ilustrasi (Foto: Gencale)

TIDAK bisa dipungkiri, usia perempuan pertama kali haid makin kesini semakin muda. Bahkan, beberapa referensi menyatakan bahwa perempuan berusia 10 tahun sudah menstruasi.

Ada beberapa faktor yang membuat hal ini bisa terjadi. Salah satunya masalah gaya hidup kids zaman now yang terbilang kurang baik. Seperti yang dijelaskan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi RS Pondok Indah - Puri Indah dr. Grace Valentine, Sp.OG, kebiasaan mengonsumsi fast food bisa menjadi pemicu kondisi ini.

"Semakin banyak anak-anak yang sudah makan fast food dan ini bahkan menjadi kebiasaan mereka. Kebiasaan ini yang kemudian membuat tubuh anak-anak sekarang lebih gemuk dari biasanya dan kondisi kegemukan ini yang membuat mereka lebih cepat menstruasi," paparnya pada wartawan di acara Media Diskusi dengan Tema "5 Masalah Utama Kewanitaan" di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (29/3/2018).

dr. Grace melanjutkan, anak-anak dengan berat badan berlebih atau obesitas bisa lebih cepat menstruasi karena lemak di tubuh anak-anak ini mengirimkan sinyal impuls ke otak yang kemudian membuat menstruasi lebih cepat terjadi. Hal ini tentunya harus mendapat perhatian lebih bagi setiap orangtua.

Tidak hanya bermasalah di pemilihan asupan makanan yang lebih didominasi makanan cepat saji yang kurang baik, kebiasaan seperti kurangnya aktivitas fisik juga memengaruhi kondisi menstruasi dini ini.

"Sadar atau tidak, anak-anak sekarang itu kerjaannya main hp, duduk, main hp. Tubuhnya jarang diajak bergerak atau beraktivitas. Ini yang kemudian membuat tubuhnya obesitas dan akhirnya menstruasi dini pun terjadi," sambung dr. Grace.

Terkait dengan data usia awal menstruasi, menurut dr. Grace, sekarang itu perempuan berusia 10 sampai 11 tahun sudah menstruasi. Hal ini seharusnya mendapat perhatian khusus. Semakin muda si anak sudah mengalami menstruasi, maka kondisi menopause anak tersebut pun semakin dini. Hal ini yang kemudian sekarang sudah mulai terlihat kasusnya.

"Lifestyle yang sehat dan pola makan yang tepat sangat harus dijaga dan diperhatikan. Jangan biarkan anak Anda terlalu sering makan fast food yang sudah jelas kurang baik bagi kesehatan tubuhnya," tambah dr. Grace.

(hel)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini