nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anak Perempuan Belum Haid Sampai Usia 14 Tahun, Normalkah?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 29 Maret 2018 15:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 29 481 1879659 anak-perempuan-belum-haid-sampai-usia-14-tahun-normalkah-LSjorbqnZ6.png Ilustrasi (Foto: Mumsnet)

ANDA memiliki anak perempuan berusia 13 tahun, tapi belum juga menunjukan kondisi menstruasi? Hal ini yang seharusnya diperhatikan. Jangan kemudian Anda khawatir akan masalah-masalah lain yang berkaitan dengan kesuburan anak Anda.

Secara general, perempuan berusia 10 sampai 11 tahun memang seharusnya sudah mensturasi. Namun, ada beberapa perempuan yang ternyata sampai usianya 16 tahun belum juga haid. Apa sih yang sebetulnya terjadi?

Dijelaskan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi RS Pondok Indah - Puri Indah dr. Grace Valentine, Sp.OG, orangtua harus mengetahui satu hal ini dulu sebelum kemudian panik akan kondisi puterinya.

"Orangtua harus bertanya pada anaknya, apakah si anak sudah punya bulu kemaluan atau dilihat dari dadanya, apakah payudara si anak tumbuh atau tidak? Hal semacam ini yang kemudian mengarahkan si anak ke kondisi yang sebenarnya," papar dr. Grace saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (29/3/2018).

Dia melanjutkan, Jika memang pertumubhan payudara dan bulu kemaluan tidak nampak di usia si anak yang sudah 14 tahun, maka yang mesti dilakukan adalah pengecekan lanjutan untuk menhgetahui apa yang sebenarnya terjadi dengan tubuh si anak.

Jika usia si anak masih 13 tahun dan sepertinya payudaranya mulai tumbuh, maka orangtua jangan begitu khawatir akan belum datangnya menstruasi pada tubuh si anak. Tekanan yang berlebihan juga akan membuat si anak stres dan ini kurang baik bagi psikis dirinya.

Harus diperhatikan juga bahwa saat usia si anak sudah 16 tahun dan menstruasi tetap belum muncul sekalipun bulu kemaluan dan payudara terlihat muncul, maka yang harus dilakukan adalah konseling dengan dokter ahli. "Jangan sampai nanti baru ditemukan masalah lain yang ternyata berbahaya bagi si anak. Ada baiknya si anak juga diajarkan untuk mengenali kondisi kedewasaannya supaya semakin aware akan tubuhnya sendiri," tambah dr. Grace.

Sementara itu, perlu Anda ketahui bahwa tren awal menstruasi sekarang berkisar di anak perempuan berusia 10 sampai 11 tahun. Faktor kebiasaan ternyata memegang peranan yang cukup penting, dalam hal ini pemilihan asupan makanan untuk si anak.

Dr. Gace menyarankan untuk sangat mengurangi konsumsi junk food dan fast food yang kurang baik bagi si anak. Tidak hanya itu, aktivitas fisik juga perlu diberikan pada si anak agar tubuhnya sehat luar dan dalam.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini