Sering Konsumsi Minuman Bersoda Bahayakan Jantung

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Kamis 29 Maret 2018 19:14 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 29 481 1879825 sering-konsumsi-minuman-bersoda-bahayakan-jantung-22KcrwHApW.jpg Ilustrasi (shutterstock)

MINUMAN soda dingin sangat pas untuk melepas dahaga, apalagi saat cuaca panas. Namun, sebaiknya jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi minuman bersoda, terutama yang sangat manis, karena dapat membuat jantung bermasalah.

Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa orang dewasa di atas umur 45 yang minum soda rata-rata 24 ons atau lebih atau minum minuman manis setiap hari memiliki lebih dari dua kali lipat risiko kematian akibat penyakit jantung daripada mereka yang rata-rata minum soda 1 ons atau kurang setiap harinya.

Para peneliti juga melihat efek makanan bergula pada risiko kematian, tetapi tampaknya tidak berdampak pada risiko kematian dini. “Minuman memiliki risiko yang unik. Ketika kalori datang dalam bentuk cair, mereka dimetabolisme hati, itu sangat unik,” kata penulis studi dan asisten profesor di Emory University di Atlanta, Amerika, Jean Welsh, dilansir laman WebMD.

Dia menuturkan, dalam keadaan tersebut, tubuh sepertinya tidak mengimbangi kalori cair dan kalori dari makanan bergula. “Itu mungkin karena kalori makanan dimetabolisme lebih lambat karena mereka umumnya mengandung lemak atau protein yang memperlambat pelepasan gula dari makanan,” ucap Jean.

Penting untuk dicatat, bagaimanapun sementara penelitian ini mampu menemukan hubungan antara minuman manis dan risiko kematian dalam kelompok studi. Penelitian ini tidak dirancang untuk membuktikan kaitan adanya sebab-akibat.

Jean menambahkan, penelitian sebelumnya telah menunjukkan hubungan antara produk manis dengan obesitas dan beberapa penyakit kronis, tetapi tidak ada yang melihat hubungan antara gula tambahan dan risiko kematian.

“Penelitian ini pada awalnya melibatkan lebih dari 30.000 orang yang lebih tua dari usia 45 tahun. Namun, para peneliti tidak mengikutkan orang-orang dengan penyakit jantung atau diabetes tipe 2 untuk membuatnya lebih mudah dalam menghubungkan konsumsi gula dan risiko kematian selama masa studi. Studi terakhir termasuk hampir 18.000 orang,” kata Jean.

Selama enam tahun pada masa penelitian, para peneliti menemukan bahwa risiko kematian akibat penyakit jantung adalah 2,5 kali lebih tinggi bagi orang yang minum minuman manis yang paling banyak.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini