Selain Telur, Ini Alasan Paskah Identik dengan Sajian Daging Domba

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 30 Maret 2018 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 30 298 1880161 selain-telur-ini-alasan-paskah-identik-dengan-sajian-daging-domba-upoBdWLT6w.jpg Daging domba (Foto: Facebodycare)

SALAH satu tradisi Paskah yang sering dilakukan oleh sebagian orang di seluruh dunia adalah menyantap makanan bersama keluarga. Menu makanannya pun sangat beragam, mulai dari olahan telur, ikan, cokelat, hingga daging domba.

Selama masa Prapaskah ternyata ada beberapa jenis makanan yang seharusnya dikonsumsi. Seperti pada malam Jumat Agung, umat Kristiani dianjurkan untuk makan ikan.

Selain itu, ternyata ada satu jenis makanan yang tidak boleh terlewatkan, yakni olahan daging domba panggang. Sebagian dari Anda tentu akan bertanya-tanya, apakah kaitannya tradisi makan domba panggang pada hari Minggu Paskah?

Dilansir dari Metro, Jumat (30/3/2018), domba panggang ternyata telah menjadi sarapan tradisional Minggu Paskah, bahkan sebelum kehadiran Yesus Kristus. Hal ini ditegaskan oleh beberapa ahli yang mengatakan bahwa, domba panggang sudah sering digunakan pada perayaan Paskah sebelum kelahiran agama Kristen.

Kala itu, ketika Mesir mengalami bencana yang sangat mengerikan disusul dengan kematian putra sulung. Orang-orang Yahudi kemudian mengecat tembok rumah mereka dengan darah domba, sehingga Allah akan "meloloskan" rumah mereka dari malapetaka, dan menghukum orang-orang berdosa.

Tak selang kemudian, beberapa orang Yahudi memutuskan untuk masuk Kristen, dan mereka masih menjalankan tradisi makan daging domba tersebut. Di sisi lain, umat Kristen juga menyebut Yesus sebagai "Anak Domba Allah". Dari sinilah asal usul daging domba dijadikan salah satu menu wajib pada perayaan Paskah.

Nah, bagi Anda yang masih bingung memilih resep domba panggang yang lezat untuk disajikan pada hari Minggu nanti, berikut Okezone rangkumkan salah satu rekomendasinya.

Resep Domba Panggang

Bahan-bahan

1 sdm kecap

1 sdm minyak zaitun 

1 siung bawang putih, memarkan

1 sdt lada

½ sdt jahe bubuk

1 lembar bay leaf

½ sdt thyme kering

½ sdt daun sage kering

½ sdt daun marjoram kering

1 potong paha domba utuh

Cara membuat

1. Panaskan oven dengan suhu 170 derajat Celsius;

2. Dalam mangkuk kecil, campur kecap, minyak zaitun, bawang putih, merica, jahe, bay leaf, thyme, sage dan marjoram. Aduk hingga rata;

3. Letakkan paha domba dalam loyang datar. Kerat bagian paha domba dengan pisau agar bumbu bisa meresap kedalam. Oleskan campuran bumbu ke seluruh bagian daging domba;

4. Panggang dalam oven hingga matang dan minyaknya keluar. Angkat dan sajikan untuk hidangan spesial saat Paskah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini