nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Kebiasaan Sehat yang Bisa Dilakukan Selama Libur Paskah

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 30 Maret 2018 20:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 30 481 1880205 5-kebiasaan-sehat-yang-bisa-dilakukan-selama-libur-paskah-tsFY5D3DJ1.jpg Aktivitas fisik saat libur paskah (Foto: Huffingtonpost)

DALAM merayakan Paskah, seseorang pasti tergiur dengan cokelat dan makanan serba manis. Tapi Anda harus mengontrol diri, supaya tidak menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

Perlu Anda tahu, 70% dari kakao mengandung tambahan antioksidan. Cokelat juga merupakan sumber kalsium, seng, tembaga, kalium, beta-karoten dan asam amino. Tingginya tingkat kakao hadir dalam cokelat hitam, dianggap bisa menurunkan tekanan darah.

Ketika Anda merayakan dengan kumpul bersama keluarga, pasti tidak jauh-jauh mengonsumsi makanan serba cokelat. Meskipun itu lezat, tapi ingat dengan jumlah kalorinya.

Dilansir Boldsky, Jumat (30/3/2018), berikut adalah lima cara mengontrol diri agar tubuh tetap sehat dan bugar selama libur Paskah. Simak ulasannya lebih lanjut agar bisa diterapkan.

Kontrol porsi makan

Mungkin dari pagi hingga malam hari, Anda tak melewatkan makan cokela. Tapi porsinya harus diatur. Misalnya Anda disuguhkan permen cokelat, minuman cokelat panas, kue cokelat, tart cokelat dan sebagainya. Agar tidak berlebihan, pasti imbangi dengan makanan sehat. Atur pula jam interval makan cokelat supaya tidak sebabkan lonjakan kalori dalam tubuh.

Seimbangkan dengan makanan sehat

Ngemil cokelat disarankan setiap 3-4 jam. Tapi seimbangkan dengan mengonsumsi makanan berat, yang mengandung sumber protein, karbohidrat, lemak baik karena berfungsi untuk mengatur kadar gula darah. Tubuh Anda juga harus mendapatkan energi lebih untuk mendukung aktivitas, meski sedang merayakan libur Paskah.

Jangan konsumsi cokelat saat perut kosong

Makan cokelat boleh saja, asal kondisinya jangan saat perut kosong. Karena kebiasaan itu bisa mengganggu kadar gula darah, serta mendapatkan risiko gangguan penyerapan serat dengan baik.

Minum banyak air putih

Tubuh membutuhkan cairan yang cukup agar tidak lemas. Anda disarankan untuk minum air putih sebanyak 1,5 liter per hari. Kalau tidak minum, sementara Anda harus makan banyak cokelat, risikonya bisa mengganggu kesehatan gigi dan mulut, serta sistem organ tubuh lainnya.

Aktivitas fisik

Jangan hanya duduk-duduk di sofa atau berbaring di tempat tidur. Coba lakukan aktivitas fisik, supaya tubuh tetap bugar. Dalam beraktivitas fisik, Anda bisa membangun kesehatan otot, tulang, gigi dan membangkitkan energi tubuh dengan maksimal. Anda juga bisa mencegah kegemukan, karena terlalu banyak makan manis.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini