Kesehatan Kulit dan Rambut hingga Mencegah Penyakit Jantung, Sederet Manfaat Jika Rutin Konsumsi Bawang Putih

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 02 April 2018 12:11 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 02 194 1880895 kesehatan-kulit-dan-rambut-hingga-mencegah-penyakit-jantung-sederet-manfaat-jika-rutin-konsumsi-bawang-putih-MzsRjwa8LC.jpg Bawang putih (Foto: Besthealthmagz)

SEPERTI hal nya bawang merah, kehadiran bawang putih pun dengan mudah ditemui dalam masakan Indonesia. Bisa dibilang hampir semua sajian masakan khas Indonesia pasti menggunakan bawang putih sebagai salah satu bumbu utamanya.

Di luar fungsinya sebagai bumbu. Mengonsumsi bawang putih mendatangkan sederet manfaat untuk kesehatan. Bawang putih, baik yang dihancurkan atau langsung dikunyah disebutkan memiliki kandungan anti-bakteri dan anti-jamur. Setiap 100 gram bawang putih hadir dengan 150 kalori, 33 gram karbohidrat, 6,36 gram protein serta kaya akan vitamin B1, B2, B3, B6, folat, vitamin C, kalsium, iron, magnesium, manganese, phosphorous, potassium, sodium dan zinc.

Untuk menghasilkan manfaat maksimal untuk kesehatan, seperti penuturan Dr. Simran Saini, selaku ahli gizi dan konsultan penurunan berat badan, menyebutkan bawang putih paling baik dikonsumsi mentah. Namun sebenarnya, apa saja sih manfaat mengonsumsi bawang putih untuk kesehatan? Penasaran kan? Menyitat Ndtv, Senin (2/4/2018) berikut penjelasannya.

 BACA JUGA:

Bahaya Minum Smoothies Plasenta, Ini Efeknya!

Membersihkan darah 

Bosan dengan kehadiran jerawat di wajah yang tak kunjung hilang? Salah satu penyebabnya mungkin karena darah dalam tubuh berada di kondisi kotor, nah salah satu solusinya adalah dengan membersihkan darah dalam tubuh sehingga kulit bisa sehat dalam dan luar sebab bawang putih akan membantu membersihkan sistem dan membuang racun. Caranya mudah saja kok, cukup ambil dua siung bawang putih mentah lalu konsumsi dengan air hangat setiap pagi, dan jangan lupa untuk minum banyak air sepanjang hari.

Meredakan demam dan flu 

Manfaat mengonsumsi bawang putih yang kedua ialah, bawang putih disebutkan dapat membantu untuk meringankan demam dan flu yang penyebab utamanya adalah virus. Caranya tinggal konsumsi 2-3 siung bawang putih (mentah atau sudah dimasak) per har, atau campurkan ke dalam secangkir teh yang juga terdapat campuran jahe atau madu di dalamnya sebagai perasa. Metode ini tidak hanya dapat melegakan hidung tersumbat berkat flu dan juga meringankan demam, namun juga meningkatkan imunitas tubuh terhadap serangan virus flu.

Selain itu, menurut Dr. Shikha Sharma, dari Health and Wellness Expert sekaligus pendiri Nutrihealth mengatakan, untuk melawan sinusitis, demam juga flu, bawang putih bisa dimasukkan ke dalam sup panas, atau masakan berkuah lainnya selain dikonsumsi mentah langsung.

Mencegah penyakit jantung

Tahukah Anda, mengonsumsi bawang putih setiap hari (baik dimasukkan ke dalam makanan atau mentah) disebutkan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol karena adanya sifat anti-oksidan Allicin, yang mana ini juga sangat bermanfaat untuk mengatur tekanan darah dan kadar gula darah. Namun perlu diingat, bahwa senyawa Allicin yang mengandung sulfur cenderung bisa hilang sifat obatnya ketika bawang putih tersebut dimasak utuh. Maka dari itu disarankan untuk mengonsumsi bawang putih mentah atau setengah matang untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini