nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Telur Paskah Terunik dari Ukraina, Punya Makna Mendalam Pada Motifnya

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 02 April 2018 12:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 02 196 1880917 telur-paskah-terunik-dari-ukraina-punya-makna-mendalam-pada-motifnya-Ji0CXXjxjo.png Telur Paskah Unik (Foto: Pysanky)

PERAYAAN Paskah memang sudah hampir berlalu, tapi kekhidmatannya masih terasa. Hiasan, dan pernak-perniknya Paskah pun masih bisa ditemukan di beberapa tempat, seperti telur paskah.

Hampir seluruh negara memiliki telur hias dan unik untuk meramaikan perayaan Paskah. Namun, dari banyaknya telur-telur yang ada di berbagai negara, Ukraina menjadi salah satu negara yang memiliki telur Paskah yang dirancang paling berbeda dari negara manapun.

Bagaimana tidak, telur Paskah yang disebut dengan nama Pysanka ini dilukis dengan motif yang terbilang sulit, karena pada satu permukaan cangkang telur ada beberapa jenis motif dan warna yang berbeda. Melansir dari laman Pysanky, Senin (2/4/2018), telur Paskah unik khas Ukraina ini dibuat dengan menggunakan metode lilin resist alias batik.

Nama Pysanka sendiri juga memiliki arti yang ternyata sesuai dengan metode melukisnya, yaitu berasal dari kata kerja dalam Bahasa U  kraina “pysaty” yang artinya menulis, dan Pysanka berarti bentuk tunggal, sementara pysanky adalah jamak. Pelukisan motif telur pun tidak sembarangan, karena ternyata ada unsur ritual di balik keindahannya, seperti pemikiran magis, pemanggilan dewa dan dewi untuk kesehatan, kesuburan, cinta, dan kekayaan.

Untuk motifnya sendiri, telur Paskah Pysanka dirancang seperti pada masa pra-Kristen, budaya Slavia awal, sebagian lainnya dirancang untuk mengingatkan umat pada hari-hari para Trypillian, nenek moyang neolitik, sementara yang lainnya dirancang seperti zaman paleolitik. Beberapa simbol juga kerap dilukis pada permukaan telur, seperti simbol segitiga yang berarti elemen bumi, api, dan udara, salib yang menggambarkan terbitnya matahari, simbol matahari dan bintang yang dulu merujuk pada Dazhboh, dewa matahari, dan sekarang merujuk pada satu Tuhan Kristen.

Ukraina pun memiliki museum tersendiri untuk Pysanka yang berada di Kolornyia, berjarak 561 kilometer dari ibukota Kiev. Bila Anda perhatikan dengan seksama, telur-telur Pysanka dilukis dengan motif yang benar-benar detail hingga titik terkecil dan garis tertipis, semuanya hampir satu ukuran, tanpa melenceng.

Warna-warna yang digunakan untuk melukis telur Paskah Pysanka juga nampak indah dan serasi. Warna cerah bersanding dengan warna netral atau gelap sehingga telur terlihat begitu hidup dan bernilai seni tinggi.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini