nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mencicipi Durian Tanam Kayu, Si Kuning Emas yang Gurih dan Lezat

Rus Akbar (Okezone), Jurnalis · Senin 02 April 2018 19:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 02 298 1881124 mencicipi-durian-tanam-kayu-si-kuning-emas-yang-gurih-dan-lezat-zIqroE4JXJ.jpg Durian Tanam Kayu (Foto: Rus Akbar/Okezone)

SUMATERA Barat memang terkenal dengan wisatanya mulai dari alamnya sampai kuliner, salah satu hasil tani masyarakat adalah durian yang merupakan ciri kas di daerah Kayu Tanam, Kecamatan 2x11 Enam Lingkun, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Seperti yang dijual Roslaini (60) atau yang akrab dipanggil dengan Lai, katanya di Sumatera Barat ini hanya dua terkenal dengan kelezatan duriannya, di Kayu Tanam dan Barung-Barung Balantai yang terletak di Kabupaten Pesisir Selatan.

Kata pedagang musiman ini, ciri khas untuk durian Kayu Tanam bentuknya lonjong ada juga yang bulat, namun saat masak ketika dibuka warna isi durian itu kuning emas atau mirip kuning tembaga. “Isinya tebal tidak tipis, kalau dimakan rasa gurih dan lezat sedikit ada rasa manisnya,” ungkapnya pada Okezone, Minggu  April 2018.

Saat ini durian di Kayu Tanam lagi sedang panen, namun kata Lai itu tidak semuanya yang berbuah. Petani ini sudah panen durian sudah seminggu yang lalu. “Kalau istilah di sini ini buah salek, atau durian berbuah tapi tidak seluruh durian, satu batang itu ada 20 buah dan 15 buah,” tuturnya.

Lai menambahkan untuk panen raya diperkirakan satu bulan selesai Idul Fitri nanti, kalau sudah panen raya harga durian Kayu Tanam ini murah Rp10 ribu sampai Rp30 ribu. “Kalau sekarang harganya Rp20 ribu paling kecil dan Rp50 ribu paling besar. Ada 10 batang durian di kebunku saat ini semuanya tengah berbunga,” tuturnya.

Keunggulan durian di sini selain isi tebal dan enak durian juga tidak diperam tapi jatuh dari batangnya lantaran sudah masak. “Kan ada juga yang memeram, itu hasilnya ngak bagus dan tidak enak kadang masih mudah sehingga rasanya tidak enak,” ujarnya.

Daerah Kayu Tanam itu berjarak lebih kurang 40 kilometer dari Kota Padang daerahnya juga tidak susah mencarinya lokasi Kayu Tanam ini ada di jalan Padang-Bukittinggi saat melintasi wilayah Kabupaten Padang Pariaman di situlah Kayu Tanam.

Okezone sempat mencicipi durian Roslaini ini memang tidak dapat isi seperti emas itu namun rasanya sangat gurih dan lezat. “Nak tidak rejeki, tadi ada yang membeli isinya warna emas, namun meski tidak seperti yang dikatakan tapi ini juga durian Kayu Tanam,” ujarnya.

Untuk hari ini Roslaini menjual durian hanya bisa 40 buah, sebagian durian ini dibeli dari warga setempat dan sebagian lagi dari kebun. “Tapi kalau sudah panen raya semua durian yang dijual itu adalah hasil kebunnya. Saya menjual ini dari jam 12 siang sampai 12 malam, karena pagi saya mengasuh cucu saya lantaran ibunya bekerja di Puskemas,” pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini