nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Serunya Menjelajah Wisata Tak Biasa di Korea Selatan

Koran SINDO, Jurnalis · Senin 02 April 2018 15:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 02 406 1881032 serunya-menjelajah-wisata-tak-biasa-di-korea-selatan-Jav63ocuQX.jpg Foto diambil dari Koran-Sindo

SENYUM ramah Ji-gyeong park tidak henti mengembang di sebuah ruangan di Nambu Traditional Market, siang menjelang sore itu. Gadis manis berambut panjang asli Kota Jeonju, Provinsi Jeolla, Korea Selatan (Korsel), itu tidak canggung. Dengan penuh sabar dan telaten, dia mengajari cara membuat kerajinan aksesori berbahan kertas warna kepada satu per satu wisatawan yang mengelilinginya.

Sesekali, Ji-gyeong berdiri dan mendekat guna melihat cara turis asal Indonesia tersebut merampungkan kreasinya. “Yeah, it’s beautiful,” ucap Jigyeong ceria saat mengetahui Setiawan, wisatawan asal Jakarta, yang pertama berhasil menyelesaikan tugasnya. Satu per satu aksesori kemudian dia bantu tempelkan di jaket para turis yang bersukacita itu karena mendapat pengalaman baru nan mengasyikkan.

Kegembiraan juga dirasakan Sin Ji-yang. Berjarak sekitar empat meter dari Ji-gyeong duduk, Ji-yang tampak senyum-senyum melihat tiga kelompok turis lain yang juga berhasil merampungkan membuat jenis aksesori berbeda. Ji-yang adalah General Manager Nambu Traditional Market. Sore di tengah gerimis salju yang tidak henti turun di Kota Jeonju itu, dia sengaja mendampingi para pengelola travel agent dari Indonesia dan Thailand yang sengaja didatangkan ke Nambu Market. Selain ingin memberikan pengalaman baru cara membuat aneka aksesori ringan, Ji-yang juga mengajak wisatawan melihat langsung keunikan Nambu Market.

Kendati di tengah kota, pasar ini unik lantaran transaksi masih dilakukan secara manual. Pembeli, layaknya di pasar tradisional Indonesia, bebas menawar. Cara pembayaran pun bisa tunai. Pasar berlantai tiga ini juga sangat tertata dan bersih. Barang-barang yang dijual sebenarnya tidak jauh beda dengan pasar umumnya di Tanah Air, tetapi loronglorongnya yang luas membuat pengunjung betah di dalamnya. Keramahan penjual juga terasa. Puas mengunjungi pasar, wisatawan juga bisa menuju Istana Hanok. Lokasinya sangat dekat karena hanya berjarak sekitar 300 meter.

“Kami juga memberikan suvenir khusus bagi pengunjung pasar,” ujar Jiyang mempromosikan.

Nambu Market merupakan pasar paling masyhur di Provinsi Jeolla, wilayah selatan Korsel. Kawasan ini tampak disiapkan dengan apik, terlebih pada 2018 ini Korsel mencanangkan Jeolla menjadi tujuan khusus wisatawan yang bertajuk 2018 Visit Jeolla-do Year. Paket destinasi wisata baru ke pasar-pasar tradisional kini memang tengah digencarkan Pemerintah Korsel. Tidak hanya Nambu Market, ada 19 pasar tradisional lain yang coba ditawarkan kepada wisatawan mancanegara. Lewat destinasidestinasi tematik ini, Korsel ingin menawarkan pengalaman unik dan sensasi tersendiri bagi wisatawan. Dari Seoul, jarak menuju Nambu Market cukup jauh.

Jika ditempuh dengan bus melalui jalur tol, waktu yang dibutuhkan sekitar tiga jam. Pilihan lain ada, yakni dengan pesawat udara atau kereta cepat. Namun, bagi wisatawan yang tidak ingin merasa lelah, pasarpasar di Kota Seoul bisa menjadi pilihan terbaik, seperti Tongin Market, Namdaemun Market, dan Mangwon Market. Keunikan berbelanja di Tongin Market yang berada di kawasan Gwang hwamun yaitu wisatawan bisa membeli makanan untuk makan siang dengan koin kuno khusus.

Selain akses-akses transportasi yang mudah, di pasar tradisional, wisatawan juga bisa merasakan pengalaman unik, baik berbelanja, keramahan pedagang, maupun menikmati kuliner khas lokal negeri ginseng yang jarang ditemui, seperti bibimbap, dakgalbi, atau red ginseng fed beef . Wisatawan juga bisa menjajal sensasi menenggak makgeolli, yakju atau soju, hingga membuat makanan lebih nendang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini