nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terkait Puisi Sukmawati, Kartika Putri Ungkap Manfaat Bercadar bagi Perempuan Muslim

Vessy Frizona, Jurnalis · Selasa 03 April 2018 19:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 03 194 1881654 terkait-puisi-sukmawati-kartika-putri-ungkap-manfaat-bercadar-bagi-perempuan-muslim-yejaKFIRTZ.jpg Kartika Putri (Foto: @kartikaputriworld/Instagram)

KARTIKA Putri belum lama berhijab, ia pun baru mencoba memakai cadar. Ketika mengunggah foto bercadar ia menulis pengalamannya menutup wajah dengan niqab yang membuatnya bahagia.

Tetapi, kebahagiaannya sedikit terusik ketika sebuah puisi yang dilantunkan oleh Sukmawati Soekarnoputri menyinggung soal cadar. Dalam akun Instagram, Kartika Putri berkomentar dan menulis manfaat bercadar bagi wanita muslim.

“Bismillahirrohmanirrohim. Postingan ini hanya kewajiban saya sebagai seorang Muslim yang wajib meluruskan hal yang menurut saya tidak pantas atau tidak seharusnya. Tanpa mengurangi rasa hormat dan tetap saling menghargai. #bacadengankepaladingin #danhatiyang bersih,” tulis Kartika.

“’Aku tak tahu Syariat Islam’ (maka cari tahu atau DIAM) ‘yang kutahu sari konde ibu Indonesia sangatlah indah dari cadarmu’ (cadar bukan perkara kecantikan ibu, tapi itu adalah sunnah dan tahukah manfaat dari cadar? Jika belum tahu, mari saya beri tahu)” sambungnya.


Manfaat menggunakan cadar di antaranya adalah menutup aurat. Hal pertama dari manfaat bercadar ialah menutupi aurat bagi wanita. Kita telah mengetahui tentang perintah Allah SWT untuk menutup aurat dan bercadar termasuk menutup aurat. Menghindari berbagai ancaman fitnah, terhindar dari debu dan kotoran, memperkecil bahaya dari polusi udara, memberikan perlindungan dari efek sinar matahari.

Selain itu juga, melindungi wanita dari berbagai bentuk kejahatan dan godaan dari kaum adam. Dapat membantu lelaki menjaga pandangannya. Agar tertutup kesempatan dalam perzinaan dan perselingkuhan, agar memuliakan seorang wanita dan lelaki tidak bisa menilai wanita dari bentuk fisiknya saja.

Mengurangi kerusakan moral yang terjadi di masyarakat, supaya wanita tidak terlihat menggoda. Membantu menentramkan hati para lelaki dan lebih khusyuk beribadah serta tidak terus mengingat wajah wanita. Supaya suami lebih tenang dan tidak cemburu kepada istrinya, serta mendapat pahala dari Allah SWT.

Itulah beberapa manfaat bercadar yang dituliskan Kartika Putri dalam akun Instagram-nya lewat slide foto. Dalam caption Kartika menulis, “Saya hanyalah seorang Muslimah yang Berkebangsaan Indonesia dan berusaha menjalankan Syariat Islam dengan Baik dan Benar.. Juga berusaha menjadi anak Bangsa yang menghormati Perbedaan dan Saling Menghargai sesama.. #menghargaiperbedaantanpamenjatuhkan

#indonesiadamaibersatu.”

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini