nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Ditiru! Tren Tantangan Memasukkan Kondom ke Hidung Membahayakan Kesehatan

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 03 April 2018 09:56 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 03 481 1881330 jangan-ditiru-tren-tantangan-memasukkan-kondom-ke-hidung-membahayakan-kesehatan-3PxqbeF3MT.jpg Condom Challenge mematikan (Foto: Dailymail)

MEDIA sosial kini jadi salah satu wadah banyak orang untuk menunjukkan eksistensi diri. Tidak sedikit pula dari mereka yang rela melakukan apa saja demi menjadi terkenal dan diperbincangkan warga net atau netizen.

Beberapa tantangan atau challenge sebelumnya juga sudah banyak membanjiri linimasa media sosial dan hampir setiap pengguna media sosial melakukan tantangan tersebut demi dianggap kekinian. Nah, sekarang ada sebuah tantangan baru lagi di media sosial, yaitu condom challenge, terdengar menjijikan memang, tapi nyatanya hal itulah yang tengah digandrungi dan dilakukan oleh para warga net.

Melansir dari laman Daily Mail, Selasa (3/4/2018), tantangan kondom itu sekarang jadi viral. Saat melakukan tantangan tersebut, netizen harus menghirup kondom yang sudah dibuka dari kemasannya melalui lubang hidung.

Tidak cukup sampai di situ, kondom yang dihirup dari hidung itu kemudian harus keluar dari tenggorokan dan muncul di mulut dengan perlahan-lahan menariknya. Tantangan ini tentu berbahaya dan bisa berisiko kematian jika pelakunya tersedak serius, serta bisa menyebabkan infeksi.

Challenge yang baru viral dan ramai diperbincangkan ini ternyata sudah pernah dilakukan oleh seorang remaja pada 2015 silam. Remaja tersebut membagikan video tantangan yang dilakukannya itu pada akun YouTube pribadinya.

Bagi Anda yang termasuk tipe orang mudah merasa jijik, sebaiknya tidak perlu mencari tahu tantangan konyol ini, karena bisa merasa mual setelah menontonnya. Masih dari sumber yang sama, seorang profesor bernama Bruce Lee, yang menjadi pengajar di sekolah kesehatan masyarakat Johns Hopkins Bloomberg, mengatakan menghirup kondom melalui hidung akan sangat tidak nyaman dan menyakitkan.

“Bahaya tersedak karena karet bisa tersangkut di saluran pernapasan dan menyulitkan orang tersebut bernapas. Pelumas spermisidal yang ada pada sebagian besar kondom juga dapat membuat iritasi lapisan dalam hidung dan menyebabkan reaksi alergi atau infeksi,” ucapnya.

Lebih lanjut, sebuah peristiwa nahas seputar kondom pernah dialami seorang wanita dari Kamerun pada 2016. Wanita tersebut tidak sengaja menelan kondom dan harus menjalani pembedahan pada apendiksnya. Pada kasus lain, di 2016 seorang wanita mengidap pneumonia setelah secara tidak sengaja menelan kondom.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini